Awas Cara Perlakuan Kendaraan Dapat Membuat Aki Soak


Aki atau baterai merupakan bagian dari komponen kelistrikan pada kendaraan. Komponen ini sangat penting mengingat fungsinya yang vital di kendaraan, terutama kendaraan berteknologi injeksi.

Aki yang rusak atau sudak soak tentunya akan menyebabkan masalah pada kendaraan. Aki yang soak akan menyebabkan kendaraan berteknologi injeksi sulit untuk dinyalakan, sensor-sensornya juga kurang dapat bekerja maksimal bahkan kerusakan pada aki dapat merembet ke bagian yang lain.

Oleh sebab itu rawatlah aki kendaraan anda dan jagalah agar usianya dapat lebih lama. Usia aki pada kendaraan tergantung dari cara penggunaannya. Jika anda sering melakukan kebiasaan yang buruk maka akan mempercepat umur aki.

Aki yang cepat rusak biasanya dikarenakan oleh penggunaan elektrik starter yang salah, saat lampu MIL atau Malfunction Indicator Lamp menyala anda melakukan starter dengan elektrik starter. Untuk sepeda motor injeksi, saat kunci kontak pada posisi On maka lampu MIL akan menyala beberapa saat dan setelah itu lampu MIL akan mati. Jangan lakukan starter saat lampu MIL menyala, tunggulah beberapa saat setelah lampu MIL mati. Jika lampu MIL masih menyala anda melakukan starter, maka sistem akan menyerap energi listrik yang lebih banyak sehingga akan cepat membuat aki soak.

Selain itu, untuk memperpanjang umur pakai aki, saat menghidupkan sepeda motor injeksi untuk pertama kali di pagi hari, lebih baik gunakan kick starter jangan gunakan elektrik starter.

Hal ini juga untuk membuat agar oli pada bak oli naik ke mesin (karena diengkol). Setelah itu kkukan pemanasan beberapa saat agar terjadi langkah pengisian pada aki.

Demikian dari saya tentang tips merawat aki agar dapat berumur lama. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Awas Cara Perlakuan Kendaraan Dapat Membuat Aki Soak"

Post a Comment