Ban Bisa Benjol, Kenapa?


Ban merupakan bagian kendaraan yang berhubungan langsung dengan jalan. Ban juga disamakan dengan alas kaki karena lataknya sebagai tumpuan ketika kendaraan berjalan. Ban yang baik akan membuat rasa aman dan nyaman selama pengemudian.

Kerusakan pada ban yang sering terjadi yaitu kondisi ban yang benjol. Mungkin anda akan panik dan bahkan bertanya-tanya kenapa ban bisa benjol. Sudah dijelaskan diawal, ban merupakan komponen yang berhubungan dengan jalan, baik saat jalannya rata maupun jalanan yang tidak rata.

Sering kita lihat ada beberapa jalan yang kondisi jalannya ini sudah tidak rata, kondisinya berlubang. Jalan yang berlubang ini merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan benjolan pada ban.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ban terisi oleh udara. Didalam ban terdapat tekanan udara. Tekanan yang berlebih ini yang dapat menyebabkan benjolan pada ban. Bila tekanan ban berlebih maka ban akan keras sehingga ketika ban melewati jalan yang bergelombang maka ban dapat membentur jalan bergelombang tadi dan menyebabkan benjolan pada ban. Ketika ban terbentur maka benang carcass nya dapat putus, sehingga tekanan ban didalam dapat membuat benjolan pada ban.

Bila benang carcas putus maka akan sangat sulit diperbaiki bahkan tidak mungkin bisa diperbaiki kembali sehingga salah satu jalan solusinya adalah anda harus mengganti ban dengan ban yang baru karena ban sudah tidak mungkin bisa diperbaiki kembali.

Jika ban yang benjol tidak segera diganti baru maka saat anda mengendarai ban yang benjol pada kecepatan tinggi maka dapat berpotensi masalah ban pecah. Bila terjadi ban pecah padahal anda sedang melaju dengan kecepatan tinggi maka sudah tentu dapat menyebabkan kecelakaan berkendara.

Untuk itu ada suatu cara mengatasi agar tidak terjadi kasus ban benjol maka salah satu caranya yaitu selalu perhatikan tekanan udara pada ban. Pastikan tekanan udara pada ban selalu sesuai dengan spesifikasinya. Jangan diisikan berlebih jika anda tidak ingin mengalami masalah ban yang benjol.

Mengganti ban dengan yang baru bukan harga murah apalagi untuk ban mobil. Jika misalnya anda selalu memperhatikan tekanan ban anda selalu mengontrolnya maka anda dapat menghemat biaya perawatan untuk ban

1 Response to "Ban Bisa Benjol, Kenapa?"

  1. Mbahe baru tahu nak, klo ban kena paku itu disebabkan siapa ???

    ReplyDelete