Berhenti Dijalan Menanjak Siapa Takut..


Mobil kini mulai banyak penggemarnya. Dari orang kaya mulai menengah kebawah kini mulai berbondong-bondong membeli mobil. Dari Sekian banyak pengendara mobil, pasti ada beberapa yang masih belum mahir dalam mengemudikan mobil. Hal ini bisa terjadi mungkin mereka baru pertama memiliki mobil dan sebelumnya belum bisa mengendarainya atau bisa jadi mereka berganti tipe mobil, yang awalnya mobil matic diganti dengan mobil manual atau sebaliknya.

Tentu saja, pagi pemula kondisi jalan yang ditakuti salah satunya adalah jalan yang menanjak. Bagi para pemula yang mengendarai mobil tipe manual, saat berada ditanjakkan atau saat berhenti ditanjakkan tak jarang ditemui pengendara yang melakukan injak setengah kopling sambil menginjak dan menahan pedal gas. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat dilakukan dikarenakan perilaku seperti itu dapat berpengaruh terhadap umur pakai kopling.

Cara yang benar ketika anda sebagai pengendara mobil saat mengendarai mobil tipe manual dan terpaksa harus berhenti dijalan menanjak baik dalam waktu yang singkat atau lama yang sebaiknya anda lakukan adalah dengan memainkan rem tangan atau jika tanjakan terlalu tinggi dapat dibantu dengan anda menginjak rem kaki sehingga kerja dari rem tangan tidak terlalu berat. Bila anda ingin mulai berjalan setelah berhenti ditanjakkan, injak pedak gas perlahan-lahan dan lepas rem tangan pelan-pelan.

Sedangkan bila anda yang masih pemula dan sedang mengendarai mobil tipe matic dan terpaksa harus berhenti ditanjakkan, caranya yaitu lepas pedal gas perlahan-lahan sambil menginjak pedal rem kaki hingga mobil berhenti. Setelah mobil berhenti, posisikan tuas transmisi pada posisi N (netral) dan langsung anda tarik tuas rem tangan. Sedangkan saat anda ingin mulai menjalankan mobil, maka posisikan tuas transmisi ke posisi D kemudian lepas rem tangan perlahan-lahan sambil menginjak pedal gas perlahan-lahan. Untuk mobil tipe matic, hindarilah menginjak dan menahan pedal rem kaki saat berada ditanjakkan, sebab hal ini dapat memperpendek umur dari CVT nya (Bila mobil (bila mobil tersebut bertransmisi tipe Continuously Variable Transmission). Selain itu hal tersebut akan berakibat pada piringan cakram pada mobil itu, karena piringan cakramnya dapat menjadi panas dan akan membuat permukaan piringan cakram tadi tidak rata.

Demikian penjelasan dari saya tips mengendarai mobil ketika berhenti ditanjakkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Berhenti Dijalan Menanjak Siapa Takut.."

Post a Comment