Fungsi Feeler Gauge

Alat ukur yang digunakan dalam dunia otomotif sangatlah banyak salah satunya adalah feeler gauge. Feeler gauge juga dapat dikenal dengan sebutan puller gauge atau thickness gauge. 

Feeler gauge ini digunakan untuk mengukur jarak celah atau gap dibagian-bagian komponen otomotif yang bersinggungan.
Feeler gauge ini terdiri dari beberapa lembaran baja tipis dan setiap bagian-bagian lembaran baja tipis tersebut memiliki ukuran yang berbeda-beda. Ukuran ketebalan dari lembaran baja tipis tersebut ditulis disetiap samping lembaran.

Feeler gauge ini memiliki tingkat ketelitian sampai 1/1000 mili meter atau 0,01 mili meter. Namun pada umumnya untuk nilai ukur yang dapat diukur dengan alat ini hanya sebesar 0,05 mili meter sampai 1,00 mili meter.

Cara penggunaan atau pengukurannya adalah siapkan celah benda yang akan diukur, kemudian siapkan alat feeler gauge. Ukur celah komponen dengan feeler gauge dari lembaran yang terkecil hingga terbesar yang dapat masuk ke dalam celah komponen. Indikator bila ukurannya telah sesuai adalah feeler gauge bila dimasukkan ke dalam celah mudah namun ketika ditarik seperti ada hambatannya. Tebal lembaran feeler gauge kurang lebih sama dengan celah komponen yang diukur.

Catatan:
  1. Sebelum melakukan pengukuran dengan feeler gauge, bersihkan feeler gauge, celah yang diukur dan tangan anda dari kemungkinan terdapat oli dan kotoran. Karena oli dan kotoran dapat menyebabkan kesalahan dalam pengukuran
  2. Bila pengukuran menggunakan satu lembar feeler gauge belum cukup, maka anda dapat menggabungkan lembar feler gauge menjadi dua atau beberapa lembar. Namun, jumlahnya kalau bisa sedikit saja lembar feeler gauge yang digabungkan.
  3. Ukur celah komponen dengan feeler gauge dengan posisi lurus, jangan sampai melengkung karena akan membuat hasil pengukuran yang tidak tepat. Selain itu, feeler gauge dapat bengkok dan rusak. Bila hal itu terjadi dan kemudian feeler gauge rusak maka buanglah feeler gauge dan jangan digunakan lagi.
  4. Bila feeler gauge sudah berkarat jangan digunakan lagi. Simpan feeler gauge pada tempat yang benar

0 Response to "Fungsi Feeler Gauge"

Post a Comment