Fly Wheel atau Roda Gila


Fly wheel atau roda penerus atau juga sering disebut roda gila merupakan salah satu komponen yang ada dikendaraan. Fly wheel terbuat dari bahan baja tuang yang memiliki mutu yang tinggi dan fly wheel ini diikat pada belakang poros engkol pada kendaraan yang masih menggunakan transmisi manual (untuk fly wheel pada mobil), Poros engkol akan menerima tenaga putar dari piston pada saat langkah usaha, tapi tenaga putar ini akan hilang ketika piston melakukan langkah lainnya yaitu hisap, kompresi dan buang. Bila ini terjadi maka poros engkol/ mesin akan kehilangan tenaga.

Fungsi dari fly wheel yaitu untuk menyimpan tenaga putar (inertia) dari poros engkol selama langkah piston selain langkah usaha. Pada saat ini poros engkol dapat berputar terus-menerus karena adanya fly wheel sehingga mesin tidak akan kehilangan tenaga (inertia loss) dan getaran pada mesin dapat diperkecil.

Pada fly wheel ini juga dilengkapi dengan ring gear yang berfungsi sebagai perkaitan dari roda gigi motor starter. Pada transmi yang otomatif sudah tidak menggunakan fly wheel dan sebagai gantinya menggunakan torque converter.

0 Response to "Fly Wheel atau Roda Gila"

Post a Comment