Hujan! Siapa Takut Untuk Berkendara...


Hujan memang sering terjadi di negara kita ini, pasanya iklim di Indonesia hanya ada 2 iklim yaitu iklim hujan dan iklim kemarau. Jika memasuki iklim hujan hampir setiap hari akan hujan, bahkan tidak jarang terjadi banjir ketika hujan datang. Bagi anda pengendara mobil pasti juga akan mengalami hambatan ketika hujan datang saat perjalanan. Hujan bukan menjadi masalah yang perlu anda kuatirkan, tetapi patut anda perhatikan hal-hal ketika anda berkendara saat hujan. Lantas, bagaimana persiapan yang dapat dilakukan untuk berkendara pada saat hujan? Berikut saya tuliskan beberapa cara yang dapat anda lakukan saat berkendara di saat hujan.

Hal paling sederhana pertama yang dapat anda lakukan adalah selalu periksa karet penyeka pada kaca. Hal ini guna agar saat terjadi hujan air tidak merembes kedalam ruangan dikarenakan karet penyekat kaca rusak sehingga kaca tidak rapat.

Hal kedua yang patut anda periksa adalah kondisi karet pada wiper. Wiper yang lama tidak beroperasi akan membuat karet pada wiper berpotensi untuk mengeras. Jika hal ini terjadi, maka saat wiper beoperasi bisa saja karetnya malah bisa menyebabkan menggores pada kaca karena karet yang mengeras tadi. Jika kaca tergores maka dapat mengganggu pandangan anda ketika mengendarai. Selain itu fungsi wiper yang untuk membersihkan air hujan pada kaca tidak akan berjalan dengan optimal, sehingga air masih menutup kaca dan bisa mengganggu pandangan anda juga.

Selain wiper, washer juga harus anda cek. Air pembersih pada washer tidak hanya menggunakan air aquadest saja, namun juga sebaiknya air tersebut dicampur dengan cairan pembersih seperti sreen wash atau shampo kaca. Hal ini bertujuan agar saat wiper bekerja membersihkan kotoran dapat optimal karena adanya cairan pembersih tadi.

Selanjutnya, kaca mobil juga dapat anda lapisi dengan alat yang namanya rain repellant. Alat ini mampu membuat efek seperti pada daun talas pada kaca mobil anda, sehingga air tidak akan menempel pada kaca. Rain repellant dapat anda beli ditoko-toko perawatan mobil.

Selanjutnya, anda juga harus selalu mengecek kondisi lampu, baik lampu utama, lampu belakang, lampu rem ataupun lampu sein. Saat hujan datang maka pandangan dapat menjadi sulit karena saat hujan datang dapat terjadi yang namanya kabut. Jadi saat hujan datang disarankan anda menghidupkan lampu kepala atau lampu utama untuk memberikan syarat pada pengemudi lawan arah dan juga untuk memperbaiki pandangan selama berkendara.

Demikian tips yang dapat saya bagikan tentang cara aman ketika berkendara saat hujan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Hujan! Siapa Takut Untuk Berkendara..."

Post a Comment