Jangan Panik Karena Motor Mogok Setelah Melibas Jalan Banjir


Hujan, merupakan kondisi yang sering terjadi di Indonesia. Indonesia merupakan daerah yang memiliki 2 iklim yaitu iklim hujan dan iklim kemarau. Disaat hujan tidak jarang akan terjadi banjir. Banjir terjadi bisa dikarenakan tidak bisanya air terbuang diselokan-selokan dikarenakan selokan air yang tersumbat menjadikan air yang tidak bisa masuk keselokan. Akibatnya air akan meluap dijalan dan akhirnya terjadilah yang namanya banjir.
Banyak dari pengendara khususnya sepeda motor yang melibas jalan yang banjir dan pada akhirnya sepeda motornya tersendat-sendat atau bahkan mogok. Terjadinya mogok ini kemungkinan disebabkan oleh air yang anda libas. Air tersebut dapat masuk kedalam ruang bakar dan mengakibatkan motor mogok atau dapat tersendat-sendat.
Untuk anda yang mengalami kejadian ini saat berkendara dijalan yang banjir, yang pertama yang harus anda ketahui adalah jangan panik. Berikut beberapa tips dari saya untuk menangani kondisi motor yang mogok ketika melintas di jalan yang banjir:

  1. Ketika tiba-tiba sepeda motor anda mogor dijalan yang tergenang air, maka carilah tempat yang teduh dan tempat yang tidak tergenang air agar saat anda memncari penyebab dan memperbaikinya akan nyaman.
  2. Buka busi sepeda motor anda, karena kemungkinan jika air masuk kedalam ruang bakar maka busi dapat basah karena air. Jadi buka busi sepeda motor anda lalu keringkan dari air.
  3. Banjir yang terlalu tinggi, dapat menyebabkan air masuk kedalam knalpot sepeda motor anda. Air yang masuk ke dalam knalpot harus dikeluarkan. Jadi keluarkan air dalam sepeda motor anda dengan cara angkat bagian depan sepeda motor anda agar posisi kendaraan miring sehingga air dapat keluar.
  4. Buka saringan udara. Saat anda melintasi jalan yang banjir, saringan udara berkemungkinan basah karena air. Bila hal ini terjadi maka sepeda motor juga dapat tersendat-sendat bahkan dapat mogok karena partikel air dapat diserap kedalam silinder. Cara untuk memperbaikinya adalah dengan cara buka saringan udara sepeda motor anda, lalu keringkanlah.
  5. Kuras bahan bakar yang ada didalam karburator sepeda motor anda, dengan cara kendorkan sekrup penguras bahan bakar. Hal ini dilakukan dikarenakan air dapar masuk ke ruang pelampung yang ada didalam karburator, sehingga air ini perlu dikeluarkan dengan cara dikuras isi didalam ruang pelampungnya. Kuras bahan bakar didalam ruang pelampung sampai bahan bakar sudah tidak terkontaminasi air lagi. Cara melihatnya cukup rasakan cairan yang keluar apakah masih terdapat air atau sudah murni yang keluar bahan bakar. Jika yang keluar sudah bahan bakar murni maka hentikan pengurasan.
  6. Setelah semua langkah diatas anda lakukan, coba nyalakan sepeda motor anda, mudah-mudahan sepeda motor anda dapat menyala.
Demikian tips dari saya tentang langkah-langkah menangani sepeda motor anda yang mogok ketika melintasi jalanan yang banjir. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Jangan Panik Karena Motor Mogok Setelah Melibas Jalan Banjir"

Post a Comment