Knalpot Kemasukkan Air Saat Cuci, Bahaya atau Tidak?


Tampilan sepeda motor yang bersih sungguh akan sedap dipandang mata. Salah satu cara untuk membuat sepeda motor menjadi bersih adalah dengan mencucinya. Di jaman sekarang ini sudah banyak ditemui jasa-jasa pencucian sepeda motor disekitar kita. Pencucian tersebut biasanya dilengkapi dengan kompresor untuk membuat air dengan tekanan, agar hasil cuci lebih bersih dan dapat mencapai semua celah.

Lantas jika air tersebut terkena bagian-bagian yang tak semestinya bagaimana. Contohnya bila air tersebut masuk kedalam knalpot sepeda motor? Banyak orang yang berpendapat bahwa bila knalpot kemasukkan air akan bermasalah terhadap kinerjanya atau bahkan sepeda motor jadi sangat sulit dinyalakan. Lantas apakah itu semua benar?

Untuk itu saya akan menjelaskan sedikit tentang bahaya atau tidaknya bila knalpot terkena air terutama saat pencucian. Nah, untuk menjawab itu, perlu diketahui dahulu jumlah air yang masuk ke dalam knalpot itu bayak atau tidak. 

Sebenarnya didalam knalpot itu sendiri terdapat lubang yang berukuran kecil dibagian bawahnya, hal ini bertujuan untuk membuang air yang masuk ke dalam knalpot. Jadi bila jumlah airnya sedikit yang masuk ke dalam knalpot itu masih tidak masalah karena air akan keluar melalui lubang kecil dibagian bawah knalpot itu.

Namun bila air yang masuk ke dalam knalpot jumlahnya banyak, hal ini yang harus diwaspadai. Air yang masuk ke dalam knalpot dapat merusak oli pelumas dan juga mengganggu saat terjadinya pembakaran. Untuk mengetahui bahwa air mencemari pelumas, berarti anda perlu mengecek kondisi oli pelumasnya. Bila oli berwarna coklat susu atau kopi susu berarti oli pelumas terindikasi tercemar air. Bila hal itu dibiarkan maka akan menyebabkan kerusakan pada mesin karena oli pelumas tidak akan berfungsi sebagaimana fungsinya. Selain itu, bila air masuk ke dalam ruang bakar maka akan menyebabkan sepeda motor akan sulit hidup.

Akibat lain dari masuknya oli kedalam knalpot adalah dapat menyebabkan karat pada knalpot. Bila dibiarkan maka dapat membuat cepat keropos knalpotnya.

Jadi perhatikan jika anda mencuci sepeda motor anda, jangan sampai air masuk ke dalam knalpot dalam jumlah yang banyak. Berhati-hatilah saat mencuci sepeda motor anda.

Demikian penjelasan dari saya tentang bahaya atau tidaknya air yang masuk kedalam knalpot. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

2 Responses to "Knalpot Kemasukkan Air Saat Cuci, Bahaya atau Tidak?"