Macam-Macam Sambungan


Konstruksi-konstruksi baik pada bagian mesin atau bagian kontruksi-konstruksi lainnya, untuk menghubungkan antara bagian-bagian tersebut, maka digunakanlah sebuah sambungan. 

Sambungan-sambungan itu sendiri merupakan hasil penyatuan atau menggabungan dari beberapa bagain-bagian dari konstruksi  dengan menggunakan suatu cara tertentu. 

Sambungan yang digunakan untuk menyatukan atau menghubungkan bagian-bagian dari sebuah konstruksi tadi dapat digunakan beberapa cara (macam-macam dari sambungan), yaitu dengan sambungan tetap dan dengan menggunakan sambungan tidak tetap.

Sambungan tetap
Sambungan tetap ini merupakan jenis sambungan atau cara penyambungan yang dipakai untuk menghubungkan bagian-bagian dari sebuah konstruksi secara permanen (tetap). Sambungan tetap dilepas dengan menggunakan cara merusak sambungan tersebut. Sambungan tetap pada kontruksi contohnya adalah sambungan keling dan sambungan dari pengelasan.

Sambungan tidak tetap
Sambungan tidak tetap merupakan jenis sambungan atau cara penyambungan yang dipakai untuk menghubungkan bagian-bagian dari sebuah konstruksi secara tidak permanen (dapat dilepas) Sambungan tidak tetap ini sambungannya dapat dilepas tanpa merusak sambungan tersebut yaitu dengan cara pembongkaran. Contoh dari sambungan tidak tetap ini antara lain sambungan dari baut, sambungan dari pasak dan sambungan dari pena dll.

0 Response to "Macam-Macam Sambungan"

Post a Comment