Pengukur Jarak Ulir (Screw Pitch Gauge)

Alat ukur yang digunakan dalam dunia otomotif sangatlah banyak salah satunya adalah alat pengukur jarak ulir atau screw pitch gauge. Alat ini dibuat untuk mengukur jarak ulir dari suatu baut atau mur.

Alat pengukur jarak ulir memiliki beberapa bilah dengan ukuran ulir yang berbeda-beda, dan untuk nilainya tertulis atau tercantum disetiap bilahnya.

Untuk cara pengukurannya dan penggunaannya, ambil baut atau mur yang akan diperiksa nilai jarak ulirnya. Setelah itu, ambil alat pengukur jarak ulir. Periksa jarak ulir pada baut atau mur dengan pengukur jarak ulir atau screw pitch gauge pada setiap bilah-bilahnya. Carilah sampai didapat ukuran yang cocok antara ulir baut atau mur dengan ulir di bilah alat pengukur jarak ulir. Jika sudah sesuai berarti jarak ulirnya atau pitch yang ditunjukkan pada bilah alat pengukur jarak ulir ini nilainya sama dengan ulir jarak baut atau mur yang diperiksa.

Pengukuran jarak ulir ini sangat diperlukan mengingat banyaknya komponen pada bidang otomotif yang sambungannya menggunakan sambungan baut dan mur. Apabila ulir antara baut dan mur untuk pengikat tidak sama, maka dapat merusak kedua ulir tersebut dan hasilnya baut atau mur dapat dol atau tidak kencang.

0 Response to "Pengukur Jarak Ulir (Screw Pitch Gauge)"

Post a Comment