Pentingkah Melakukan Pemanasan Pada Mesin?


Perlu tidaknya pemanasan pada kendaraan, sering menjadi perbincangan di masyarakat. Tidak sedikit yang bilang bahwa pemanasan pada kendaraan sangat penting dilakukan tetapi juga tidak setikit yang mengatakan bahwa pemanasan pada kendaraan jika tidak dilakukan tidak apa-apa. Terus apakah yang benar? Apakah perlu dilakukan pemanasan atau tidak?
Untuk menjawab pertanyaan itu, maka kita harus mengkaji banyak pertimbangan tentang perlu tidaknya melakukan pemanasan pada kendaraan. Untuk pendapat saya sendiri, berdasarkan pengetahuan saya, pemanasan pada kendaraan memang penting dilakukan pada pagi hari, namun untuk lama waktu yang diperlukan untuk melakukan pemanasan tidak perlu waktu yang cukup lama. Pemanasan pada kendaraan cukup dilakukan dalam waktu beberapa menit saja, atau bahkan kurang dari 1 menit. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan kinerja mesin. Bila temperatur pada udara luar sangat dingin maka jika tidak dilakukan pemanasan akan berakibat fluida didalam mesin baik itu minyak pelumasnya atau bahan bakarnya tidak akan dapat mengalir dengan lancar. Oleh sebab itu perlu dilakukannya pemanasan pada mesin walau dalam tempo waktu yang singkat. Selain itu, pada saat kondisi udara luar dingin, maka manifold juga akan dingin sehingga dapat menyebabkan aliran campuran udara dan bahan bakar yang lewat manifold dapat mengembun pada dinding manifold. Karena sebagian campuran bahan bakar mengembun di manifold maka asupan atau suplai campuran bahan bakar dan udara yang menuju ke mesin akan berkurang. Jika hal ini terjadi maka mesin akan tersendat-sendat. Namun untuk minyal pelumas, pengentalan minyak pelumas pada suhu yang dingin tergantung dari spesifikasi dari minyak pelumasnya sendiri. Jadi anda jangan salah pilih dalam penggunaan minyak pelumas.
Demikian penjelasan dari saya tentang perlu tidaknya pemanasan pada kendaraan. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya

0 Response to "Pentingkah Melakukan Pemanasan Pada Mesin?"

Post a Comment