Perbedaan Antara Oli Mesin dan Oli Gardan/ Oli Gear pada Motor Matic


Motor matic semakin hari semakin banyak peminatnya. Banyaknya ini kemungkinan dikarenakan dalam penggunaan motor matic sangat mudah dan tidak capek bila digunakan di kondisi jalan yang macet karena pada motor matic tidak perlu susah payah kita gonta ganti gigi transmisinya. Untuk menjaga kinerja dari motor matic sendiri agar dapar bekerja secara optimal maka diperlukan perawatan. Perawatan pada motor matic salah satunya yaitu selalu memperhatikan kondisi minyak pelumasnya atau olinya. Baik oli mesin atau oli gardannya harus selalu dikontrol kondisinya. Penggantian oli dilakukan secara rutin sesuai petunjuk pada buku pedoman servisnya. Selain itu, pemilihan oli juga sangat berpengaruh terhadap kinerja mesinnya.

Bagi anda pemilik motor matic tentunya anda tidak ingin motor kesayangan anda mengalami masalah. Untuk itu anda harus mengetahui jadwal penggantian dari oli mesinnya dan dari oli gardannya. Selain itu, anda juga dituntut wajib mengetahui jenis oli yang digunakan, tidak asal beli oli. Pilihlah oli mesin ataupun oli gardannya sesuai dengan petunjuk pada pabriknya. Untuk membedakan antara oli mesin dan oli gardan dapat disimak dibawah ini:

Oli mesin
Pada jenis motor-motor manual yang 4 tak, untuk oli mesinnya sendiri memiliki fungsi yang ganda yaitu oli tersebut digunakan untuk melumasi mesin dan juga untuk melumasi transmisi. Namun beda untuk motor tipe matic, pada motor matic ini penggunaan oli mesinnya hanya digunakan untuk melumasi bagian mesinnya saja, sedangkan untuk bagian transmisinya tidak dilumasi. Untuk penggantian oli mesin sendiri, pada umumnya oli mesin diganti setiap 5 ribu kilometer atau 3 sampai 4 bulan sekali (untuk lebih pastinya lihat buku pedoman servis kendaraan).

Oli gardan/ oli gear
Oli gardan atau oli gear hanya digunakan pada motor tipe matic saja. Oli gardan atau oli gear ini berfungsi untuk melumasi pada bagian gardan sepeda motor matic. Oli gardan sangat berbeda dari oli mesin. Dilihat dari tingkat kekentalannya, oli gardan lebih kental dari oli mesin. Penggantian oli gardan ini tidak dilakukan sesering seperti pada penggantian oli mesin. Untuk penggantian oli gardannya dilakukan setiap 15 ribu kilometer atau sekitar 1 tahun (untuk lebih pastinya lihat buku pedoman servis kendaraan).

2 Responses to "Perbedaan Antara Oli Mesin dan Oli Gardan/ Oli Gear pada Motor Matic"

  1. wah kalo ane kok yaaa tiap ganti oli gardan setelah dua kali ganti federal oil buat mesin motor matic ane sih. 15 ribu apa gak kejauhan itu min?

    ReplyDelete
  2. Gila 1 tahun ngakak gw wkwkwk

    ReplyDelete