Sebab Kredit Macet Motor Dari Debitur


Statistik kepeminatan kendaraan bermotor kian naik yang akibatnya berdampak pada peningkatan penjualan kendaraan bermotor. Saat ini untuk mendapatkan kendaraan bermotor sangatlah mudah, dikarenakan disisi penjual banyak menawarkan persyaratan yang mudah. Untuk beli kendaraan bermotor kini tak butuh waktu yang lama, istilahnya bayar langsung diantar. Orang yang tak mampu juga sekarang dimudahkan dalam kepemilikan kendaraan bermotor, dengan adanya sistem kredit para masyarakat yang belum mampu membeli kendaraan bermotor karena faktor keuangan kini dapat dikredit. Banyak penjual yang menawarkan kredit dengan cicilan murah dengan uang muka yang sedikit atau tanpa uang muka.

Namun, dari sekian mudah pengajuan kepemilikan kendaraan bermotor, tak jarang dijumpai para debitur (pembeli dengan sistem kredit) tak mampu membayar cicilan setiap bulannya dan berakibat ditariknya kendaraan bermotor itu oleh leasing.
Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengulas beberapa sebab debitur tak mampu membayar cicilannya. Sebab-sebabnya antara lain:

  • Debitur mengalami musibah
Musibah memang tak pernah ingin kita temui pastinya, tetapi apa daya musibah itu datang tanpa pemberitahuan dahulu. Tak terkecuali musibah dapat menemui semua orang, termasuk debitur kendaraan bermotor. Terhambatnya pembayaran kredit oleh debitur dikarenakan debitur terkena musibah, misalnya saja debitur sedang sakit sehingga tidak bisa bekerja dan pada akhirnya tidak mampu membayar cicilan kredit kendaraan bermotornya. Contoh lain, debidur mengalami kecelakaan yang cukup parah, sehingga uang yang seharusnya disiapkan untuk membayar cicilan kredit kendaraan bermotor terpaksa digunakan untuk biaya berobat dan rumah sakit. Untuk beberapa kasus seperti ini, biasanya leasing telah bekerja sama dengan pihak asuransi, pasalnya bila terjadi kecelakaan maka pihak asuransi yang akan menanggung sisa pembayaran dari debitur.
  • Debitur kehilangan pekerjaan
Penghasilan didapatkan dari bekerja, namun jika pekerjaan kita hilang maka pemasukkan kita juga terhambat. Padahal jika masih ada banyak tanggungan seperti untuk membayar cicilan kredit kendaraan bermotor, tetapi karena tidak adanya pemasukkan sehingga membuat debitur kesusahan untuk membayar walaupun angsurannya sangat rendah. Bila terjadi seperti ini, biasanya pihak debitur hanya memiliki tiga pilihan untuk melunasi cicilannya yaitu yang pertama berusaha untuk mencari pekerjaan baru agar segera pendapat penghasilan agar dapat membayar cicilan, yang kedua menjual kembali kendaraan bermotornya dengan sistem oper kredit dan yang ketiga merelakan kendaraan bermotornya ditarik oleh pihak leasing.
  • Debitur yang curang
Dari pihak debitur yang curang yang sengaja membiarkan kendaraan bermotornya ditarik kembali oleh pihak leasing. Pada kasus ini, sering terjadi pada saat lebaran . Para pemudik yang bingung mencari kendaraan bermotor untuk mudik akhirnya pengajukan kredit kendaraan bermotor karena uang mukanya murah dari pada meminjam kendaraan bermotor dirental. Hal ini yang menyebabkan kredit macet, karena pembeli kendaraan bermotor hanya memanfaatkan kendaraan bermotor itu hanya untuk pulang dan jalan-jalan saja, setelah urusan mereka selesai, mereka pun membiarkan kendaraan bermotornya ditarik kembali oleh pihak leasing.

Demikian penjelasan dari saya tentang masalah dan sebab macetnya kredit dari debitur. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Sebab Kredit Macet Motor Dari Debitur"

Post a Comment