Selalu Jaga Kebersihan Lubang Tangki Bahan Bakar Anda, Jika Tidak Ingin Menanggung Bahaya

Sudah tentu kendaraan yang bersih akan sedap dipandang mata. Kendaraan yang bersih bukan hanya bersih dibagian luarnya saja, namun bagian dalam kendaraan harus tetap bersih juga. Kendaraan yang bersih bukan hanya menambah nilai untuk tampilannya saja, tetapi untuk performa kendaraan juga akan berpengaruh.

Namun, tidak jarang ada beberapa hal yang kecil mungkin lolos dari pantauan kita, misalnya saja kebersihan dari tangki bahan bakar.

Tangki bahan bakar merupakan tempat untuk menampung bahan bakar didalam kendaraan. Namun ika tangkin bahan bakarnya saja kotor, sudah tentu bahan bakar yang disimpan didalamnya juga akan terkontaminasi oleh kotorannya. Bahan bakar yang terkontaminasi akan menurunkan kualitas dari bahan bakar tersebut.

Paling mudah kita menjaga kebersihan dari lubang tangki bahan bakarnya. Kenapa dari lubang tangki bahan bakarnya? Lubang tangki bahan bakar paling mudah untuk kita pantau dan kita periksa. Lubang tangki yang kotor tentunya saat kita mengisi bahan bakar pada kendaraan, kotoran yang ada didalam atau disekitar lubang tangki bahan bakar bisa saja ikut masuk kedalam tangki. Pada akhirnya bahan bakarpun akan terkontaminasi kotoran.

Pada sekitar lubang tangki bahan bakar akan nampak berwarna coklat dan berkerak putih. Hal itu indikasi bahwa lubang tangki dan pipa mengalami korosi. Korosi yang terjadi ini dapat disebabkan oleh air yang mengendap disekitar lubang bahan bakar. Air ini bisa timbul baik karena hujan maupun saat mencuci kendaraan kurang bersih saat mengeringkannya.

Jika itu tidak dibersihkan, maka lama kelamaan akan menimbulkan korosi yang lebih tebal lagi. Jika sudah tebal kemungkinan dapat menyebabkan keropos pada lubang tangki bahan bakar maupun pada pipa bahan bakar disekitarnya.

Untuk kerak putih ini juga dapat disebabkan ketika anda mengisi bahan bakar kedalam tangki dan tanpa sengaja bahan bakar tersebut tumpah disekitar lubang tangki bahan bakar. Jika hal ini sering terjadi baik lubang tangki yang terkena air maupun yang terkena tumpahan bahan bakar, lama kelamaan akan membuat tampilan menjadi kotor dan dapat membuat performa mesin turun serta bisa juga membahayakan pengendara itu sendiri.

Cara untuk mengatasi ini sangat mudah. Bila anda berjalan pada kondisi hujan, lalu saat huja reda segeralah keringkan air yang ada disekitar lubang bahan bakar menggunakan kain lap yang kering dan bersih. Begitu pula jika terkena tumpahan bahan bakar, bahan bakar yang tumpah disekitar lubang tangki langsung saja dibersihkan dengan kain lap kering dan bersih.

Jika sudah terdapat kerak putih dan warna yang berwarna merah, maka hal ini dapat dibersihkan menggunakan cairan pembersih dan jika sudah tebal, dapat menggunakan bantuan sikat atau kuas jika masih susah anda bisa menggunakan amplas yang halus unuk membersihkannya.

Dekimian tips dari saya dan semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya.

0 Response to "Selalu Jaga Kebersihan Lubang Tangki Bahan Bakar Anda, Jika Tidak Ingin Menanggung Bahaya"

Post a Comment