Ulas Macam-Macam Baterai pada Kendaraan

Baterai sudah menjadi kata yang tidak asing lagi bagi kita, apalagi dengan istila accu pasti langsung terbenak dipikiran kira bahwa accu sepeda motor atau accu mobil. Baterai atau accu merupakan salah satu komponen dalam sistem kelistrikan pada kendaraan. Kemudian apa fungsi dari baterai? Saat mulai atau awal menghidupkan kendaraan baterai berfungsi untuk menyediakan energi listrik untuk menghidupkan sistem starter. Baterai juga berfungsi untuk menghidupkan panel-panel kelistrikan lainnya seperti klakson, lampu sein dan lain-lain. Setelah mesin hidup, baterai berfungsi sebagai penyetabil tegangan dari altenator karena pada saat ini yang memasok energi listrik adalah dari altenator dan baterai berfungsi sebagai penstabil dan baterai juga melalukan pengisian kembali kapasitas arus baterainya.

Berbicara masalah baterai atau accu, terdapat banyak jenis-jenis dari baterai. Mungkin pembaca sudah pernah mendengar istilah accu kering atau accu basah bukan? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis baterai. Jenis-jenis baterai antara lain:

Baterai premium
Baterai premium atau accu basah tentunya pembaca sudah tidak asing lagi. Saat membeli accu basah jenis baterai premium  baru, untuk tempat accu masih kosong dan air accu nya dipisah. Untuk cara pemakainnya sangat mudah yaitu buka kardus accunya kemudian keluarkan tempat accu dan air accunya, lepas semua tutup accu, kemudian isilah semua sel pada accu dengan air accu sampai semua sel penuh atau air accu mencapai batas atas. Setelah terisi semua selnya, sebelum penggunaan disarankan lakukan pengecasan kurang lebih 10 menit. Tapi tanpa dicas terlebih dahulu sebenarnya accu sudah dapat digunakan namun masih kurang maksimal. Keunggulan accu basah ini adalahuntuk penyimpanan accu ini dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama tapi dengan catatan air accu tidak diisikan kedalam tempat accunya. Keunggulan lainnya dari accu basah adalah accu ini memiliki arus yang besar. Namun dibalik kelebian pasti terdapat kekurangan, untuk kekurangan accu basah ini adalah untuk perawatannya cukup ribet dikarenakan perlu dilakukan pengecekan air accu sesering mungkin dan bila jumlah airnya berkuran maka perlu ditambah dengan air suling. Selain itu juga perlu dicas bila arusnya turun.

Baterai hybrid
Baterai hybrid hampir sama dengan baterai premium. Kedua baterai tersebut sama-sama merupakan jenis accu basah, tetapi yang membedakannya adalah jika baterai premium antara tempat accu dan air accunya dipisah saat beli baru, sedangkan untuk baterai hybrid air accunya sudah diisi ke dalam tempat accunya dan suda dicas oleh pabriknya. Karena sudah diisi langsung oleh pabriknya, maka untuk penyimpanannya jangan disimpan terlalu lama, karena setrum pada accunya dapat berkurang sedikit demi sedikit, jika sudah lama maka setrumnya mungkin sudah habis sehingga perlu dicas kembali.

Baterai MF (Maintenance Free)
Jenis baterai MF atau maintenance free dari kata-katanya sudah dapat kita ketahui yaitu jenis baterai yang bebas dari perawatan. Anda sudah tidak perlu lagi menambah-nambah air suling cuma perlu ngecas saja. Baterai ini sering disebut oleh orang-orang sebagai accu kering, namun aslinya baterai ini tidak benar-benar kering, didalamnya terdapat air accu namun teknologi yang dipakai dalam accunya sudah canggih sehingga tidak perlu melakukan pengisian air suling pada accu nya. Kelebihan dari baterai MF adalah perawatan yang lebih mudah. Kekurangannya sendiri maksimal arusnya adalah 75AH.

Baterai MF calcium baterai
Baterai ini merupakan pengembangan dari baterai MF. Semua bahan hampir sama antara baterai MF dengan calcium baterai dan baterai MF, hanya saja untuk jumlah arusnya lebih dapat dimaksimalkan yaitu dengan calcium pada baterai lebih baik dalam penyimpanan arusnya


Demikian penjelasan dari saya tentang baterai. Jika ada salah kata saya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian, terima kasih banyak atas kunjungan pembaca sekalian.

0 Response to "Ulas Macam-Macam Baterai pada Kendaraan"

Post a Comment