Kunci Pas (Open End Wrench/ Open Ended Spanner)

Kunci pas atau open end wrench atau open ended spanner merupakan salah satu peralatan yang sering digunakan saat perbaikan kendaraan. Kunci pas pada umumnya terbuat dari logam dengan paduan chrome vanadium, dengan tangkainya (shank) membentuk sudut 15 derajat pada kedua ujungnya dan ada kunci pas khusus yang memiliki sudut 90 derajat. Kunci pas berfugnsi untuk mempercepat saat pelepasan dan pengencangan baut atau mur jika kunci-kunci yang lain misalnya kunci ring tidak dapat menjangkau baut atau mur tersebut. Macam-macam kunci pas :
Gambar. Macam-macam kunci pas

Kunci pas pada umumnya memiliki dua ujung, kedua ujung dari kunci pas tersebut biasanya dibuat menjadi dua ukuran yang memiliki ukuran yang berbeda (double open ended spanner). Contohnya, kunci pas ukuran 6 mm dan 7 mm, kunci pas ukuran 8 mm dan 9 mm dan lain-lain. Selain itu, juga terdapat kunci pas yang memiliki hanya satu ukuran saja (Single open ended spanner atau Open ended slogging spanner). Ukuran kunci pas ini menunjukkan lebar dari mulut kunci pas yang yang berarti juga menunjukkan ukuran dari lebar kepala baut atau mur yang akan dikencangkan atau dikendorkan. Satuan ukuran kunci pas terdiri dari ukuran metrik (mm) dan inchi (inch). Ukuran satuan metrik pada kunci pas tersedia dari ukuran 4 mm sampai dengan ukuran 80 mm. Tetapi kunci pas yang umum digunakan di bengkel otomotif pada umumnya adalah ukuran 6 mm dengan kenaikan setiap 1 mm hingga ukuran 36 mm.

Berikut di bawah ini tata cara menggunakan kunci pas atau open end wrench atau open ended spanner yang benar:
  • Baut atau mur yang masih kencang tidak boleh dikendorkan menggunakan kunci pas,. Kunci pas hanya digunakan untuk baut atau mur yang longgar. Jika dipaksa digunakan maka kunci pas akan berkemungkinan patah di ujungnya atau kepala baut dapat menjadi bulat. Kunci pas dapat digunakan untuk mengendorkan baut atau mur yang masih kencang jika kunci yang lain (kunci ring) tidak bisa menjangkau baut atau mur.
  • Ukuran kunci pas harus sesuai dengan kepala baut atau mur, kunci pas yang longgar akan membuat sudut dari kepala baut atau mur rusak atau akan berubah menjadi bulat.
  • Posisi saat menggunakan kunci pas harus rata.

0 Response to "Kunci Pas (Open End Wrench/ Open Ended Spanner)"

Post a Comment