Macam-Macam Thermostat pada Engine

Thermostat merupakan salah satu komponen pada sistem pendinginan yang memiliki fungsi untuk membuka dan menutup saluran air pendingin yang menuju ke radiator yang berguna untuk mempercepat agar temperatur air pendingin dapat mencapai temperatur kerjanya.

Thermostat sendiri terdapat 2 macam yaitu thermostat tanpa katup by-pass dan thermostat dengan menggunakan katup by-pass.

Thermostat tanpa katup by-pass
Keterangan :
  1. Valve
  2. Silinder
  3. Wax
  4. Jiggle Valve
Cara Kerja :
Pada saat temperatur pada engine masih dingin, maka saluran air yang menuju ke radiator akan ditutup oleh thermostat sehingga akan membuat air tidak bisa mengalir ke radiator dan hanya mengalir di daerah engine saja.
Pada saat temperatur pada engine panas maka saluran air yang menuju ke radiator akan membuka sehingga air yang panas akan dialirkan ke radiator untuk didinginkan.

Thermostat dengan katup by-pass
Keterangan :
  1. Thermostat
  2. Saluran By-pass
  3. Radiator
  4. Water Pump
Cara kerja :
Pada saat engine masih pada temperatur dingin maka saluran by-pass yang terdapat pada thermostat akan terbuka sehingga air pendingin akan mengalir dari blok engine ke saluran by-pass kemudian dialirkan kembali ke water pump dan dialirkan ke blok engine

Spada saat engine sudah mencapai temperatur panas (temperatur kerja) maka saluran pada by-pass yang terdapat pada thermostat  akan tertutup sehingga air pendingin akan mengalir dari blok engine menuju radiator dan dialirkan kembali ke water pump kemudian ke blok engine (tidak ada aliran dari air pendingin yang melewati saluran by-pass), sehingga pendinginan pada saat engine panas lebih efektif.

0 Response to "Macam-Macam Thermostat pada Engine"

Post a Comment