Pemeriksaan dan Penyetelan Jarak Renggang Klep atau Celah Katup Pada Sepeda Motor Supra

CATATAN :
Lakukan pemeriksaan dan penyetetelan jarak renggang klep (celah katup) sewaktu mesin masih dalam keadaan dingin (di bawah 35oC).

Langkah Pemeriksaan dan Penyetelan Klep :
Langkah Pemeriksaan Jarak Renggang Klep atau Celah Katup :
  1. Lepaskan terlebih dahulu tutup lubang untuk pemeriksaan klep (katup).
  2. Kemudian lepaskan tutup lubang untuk pemeriksaan tanda waktu pengapian dan juga lepaskan tutup lubang poros engkol.
  3. Putar poros engkol dengan arah berlawanan dengan arah jarum jam, lalu tepatkan tanda “T” (Top) pada rotor dengan tanda penyesuai yang berada pada tutup bak mesin sebelah kiri.
  4. Pastikan bahwa piston berada pada TMA (Titik Mati Atas) akhir langkah kompresi.
  5. Periksa jarak renggang klep (celah katup) dengan cara memasukkan feeler gauge yang ukurannya sesuai dengan spesifikasi jarak renggang klep (celah katup) di antara sekrup penyetelan klep dan tangkai klep. Spesifikasi Jarak Renggang Klep (celah katup) sepeda motor supra : Klep masuk : 0,05 +/- 0,02 mm. ; Klep keluar : 0,05 +/- 0,02 mm.
Penyetelan Jarak Renggang Klep atau Celah Katup :
  1. Siapkan dahulu peralatan yang akan digunakan dan siapkan kunci penyetel celah katup (Valve adjusting wrench).
  2. Untuk penyetelan jarak renggang klep (celah katup) dapat dilakukan dengan melonggarkan mur pengunci kemudian masukkan bilah feeler gauge yang sesuai dengan spesifikasi celah klepnya diantara sekrup penyetel dan tangkai klep.
  3. Setelah bilah feeler gauge dimasukkan kemudian putar sekrup penyetel sampai didapatkan sedikit tahanan pada bilah feeler gauge.
  4. Tahan sekrup penyetelnya dan kencangkan mur penguncinya.
  5. Periksalah kembali jarak renggang klep atau celah katupnya (bilah feeler gauge bila dimasukkan terasa mudah dan ketika bilah feeler gauge ditarik terasa terdapat tahanan).
  6. Periksa cincin-O yang berada pada lubang pemeriksaan klep atau pada tutup lubang pemeriksaan klep, apakah cincin-O masih dalam keadaan baik atau tidak. Bila cincin-O rusak maka gantilah dengan yang baru.
  7. Lumasi cincin-O dengan oli mesin yang bersih kemudian pasangkan cincin-O tersebut pada lubang pemeriksaan klep.
  8. Lumasi ulir tutup lubang pemeriksaan klep dengan oli mesin yang bersih, kemudian pasangkan tutup lubang penyetelan klep dan kencangkan tutup lubang pemeriksaan klep sesuai dengan momen atau torsi yang ditentukan. TORSI : 1,2 kg-m
  9. Periksa cincin-O yang berada pada tutup lubang pemeriksaan tanda waktu pengapian dan cincin-O yang berada pada tutup lubang poros engkol, apakah kedua cincin-Onya masih dalam keadaan baik atau tidak, dan bila cincin-O rusak gantilah dengan yang baru.
  10. Lumasi cincin-O dengan menggunakan oli mesin yang masih bersih kemudian pasangkan ke tutup lubang pemeriksaan tanda waktu pengapian dan tutup lubang poros engkol.
  11. Lumasi kedua ulir tutup lubang pemeriksaan tanda waktu pengapian dan ulir tutup lubang poros engkol dengan menggunakan oli mesin yang masih bersih.
  12. Pasangkan tutup lubang pemeriksaan tanda waktu pengapian, lalu kencangkan dengan momen atau torsi yang telah ditentukan. TORSI : 0,3 kg-m.
  13. Pasangkan tutup lubang poros engkol, lalu kencangkan dengan momen atau torsi yang telah ditentukan. TORSI : 0,3 kg-m.

0 Response to "Pemeriksaan dan Penyetelan Jarak Renggang Klep atau Celah Katup Pada Sepeda Motor Supra"

Post a Comment