Contoh Soal dan Jawaban Perawatan Mesin EFI Part 1

Soal : Jelaskan yang dimaksud dengan K-Jetronik ?
Jawaban : K-Jetronik atau K-EFI merupakan tipe mesin EFI yang sistem injeksinya dikontrol secara mekanik, belum secara elektronik dan sistem penginjeksiannya dilakukan secara kontinyu (terus-menerus).

Soal : Jelaskan yang dimaksud dengan L-Jetronik ?
Jawaban : L-Jetronik atau L-EFI merupakan tipe mesin EFI yang sistem injeksinya dikontrol secara elektronik dengan menggunakan sensor Air Flow Meter (Mass Air Flow). Dimana Air Flow ini berfungsi untuk mendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam silinder.

Soal : Jelaskan yang dimaksud dengan D-Jetronik ?
Jawaban : D-Jetronik atau D-EFI merupakan tipe mesin EFI yang sistem injeksinya dikontrol secara elektronik dengan menggunakan sensor MAP (Manifold Absolute Pressure). Dimana sensor MAP ini berfungsi untuk mendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam silinder berdasarkan kevakuman yang terjadi di dalam intake manifold.

Soal : Jelaskan yang dimaksud dengan TBI ?
Jawaban : TBI atau Throttle Body Injector merupakan tipe EFI yang penempatan injektornya terletak di throttle body. Jumlah injektor pada tipe TBI ini adalah 1, dan digunakan untuk melayani semua silinder yang ada pada mesin.

Soal : Jelaskan yang dimaksud dengan MPI ?
Jawaban : MPI atau Multi Point Injection merupakan tipe EFI yang penempatan injektornya terletak di intake manifold. Jumlah injektor pada tipe MPI ini adalah sama banyaknya dengan jumlah silinder pada mesin.

Soal : Jelaskan yang dimaksud dengan GDI ?
Jawaban : GDI atau Gasoline Direct Injection merupakan tipe EFI yang penempatan injektornya terletak pada kepala silinder sehingga penginjeksiannya langsung di dalam ruang bakar. Jumlah injektor pada tipe GDI ini adalah sama banyaknya dengan jumlah silinder pada mesin.

Soal : Jelaskan yang dimaksud dengan EMS?
Jawaban : EMS atau Engine Management System merupakan tipe mesin EFI yang semua sistem kontrol injeksi dan sistem kontrol lainnya sudah dilakukan secara terintegrasi dari sensor-sensor yang ada sehingga kinerja dari mesin akan lebih optimal.

Soal : Jelaskan fungsi sensor pada sistem EFI ?
Jawaban : Sensor-sensor yang ada pada sistem EFI berfungsi untuk mendeteksi berbagai kinerja mesin yang nantinya data dari sensor tersebut digunakan sebagai inputan oleh ECU untuk mengontrol aktuator-aktuator.

Soal : Jelaskan fungsi dari ECU pada sistem EFI ?
Jawaban : ECU atau Electronic Control Unit pada sistem EFI berfungsi untuk mengevaluasi atau menghitung segala masukkan dari sensor-sensor selama mesin hidup dan juga ECU berfungsi untuk mengontrol aktuator-aktuator berdasarkan data signal dari sensor-sensor.

Soal : Jelaskan yang dimaksud dengan aktuator pada sistem EFI ?
Jawaban : Aktuator pada sistem EFI merupakan komponen yang berfungsi sebagai pengaktualisasi atau komponen yang dikontrol oleh ECU. Contohnya adalah injektor, ESA dan lain-lain.

Soal : Sebutkan macam-macam sensor yang ada pada mesin EFI ?
Jawaban : Sensor-sensor yang ada pada sistem EFI antara lain sensor TPS (Throttle Position Sensor), IATS (Intake Air Temperature Sensor), WTS (Water Temperature Sensor), CKP (Crank Shaft Position Sensor), CMP (Cam Shaft Position Sensor), Knock Sensor, Oxygen Sensor, Air Flow Meter (tipe L-EFI), MAP (tipe D-EFI) dll.

Soal : Sebutkan macam-macam aktuator yang ada pada mesin EFI ?
Jawaban : Aktuator-aktuator yang ada pada sistem EFI antara lain injektor, ESA (Electronic Spark Advance), ISC (Idle Speed Control), Kontrol Pompa Bahan Bakar, EGR (Exhaust Gas Resirculation) dll.

Soal : Jelaskan fungsi dari sensor WTS ?
Jawaban : Fungsi sensor WTS (Water Temperature Sensor)  adalah untuk mendeteksi suhu atau temperatur dari air pendingin.

Soal : Jelaskan fungsi dari sensor IATS ?
Jawaban : Fungsi sensor IATS (Intake Air Temperature Sensor) adalah untuk mendeteksi suhu atau temperatur udara yang masuk ke dalam intake manifold.

Soal :  Jelaskan fungsi dari sensor MAP ?
Jawaban :  Sensor MAP berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang masuk melalui kevakuman yang terjadi di dalam intake manifold.

Soal : Jelaskan fungsi dari sensor Air Flow Meter ?
Jawaban : Air Flow Meter berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang masuk kedalam intake manifold.

Soal : Jelaskan fungsi dari sensor TPS ?
Jawaban : sensor TPS (Throttle Position Sensor) berfungsi untuk mendeteksi posisi bukaan katup throttle gas.

Soal : Jelaskan fungsi dari Knock Sensor ?
Jawaban : Knock Sensor berfungsi untuk mendeteksi atau menyensor bila adanya knocking (detonasi) pada mesin kemudian jika terjadi knocking maka ECU akan memundurkan saat pengapian.

Soal : Jelaskan fungsi dari injektor pada mesin EFI ?
Jawaban : Injektor berfungsi untuk menyemprotkan atau menginjeksikan bahan bakar ke dalam intake manifold atau ruang bakar sesuai dengan durasi penginjeksiannya.

Soal : Sebutkan nama-nama komponen yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
Jawaban :
  • No. 1 adalah tangki bahan bakar.
  • No. 2 adalah komponen pompa bahan bakar (fuel pump)
  • No. 3 adalah komponen filter bahan bakar (fuel filter)
  • No. 4 adalah pipa penyalur
  • No. 5 adalah pressure regulator
  • No. 6 adalah komponen injektor
  • No. 7 adalah delivery pipe (pipa pembagi)

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perawatan Mesin EFI Part 1"

Post a Comment