Ganti Oli Motor Matic, Kapan Waktunya ?

Servis kendaraan selalu diperlukan, setiap pembelian kendaraan selalu dilengkapi dengan buku panduan servis. Servis merupakan kegiatan mengecek, mengganti, menyetel, memperbaiki komponen-komponen yang ada pada kendaraan agar komponen-komponen tersebut dapat kembali ke spesifikasi pabrik.

Komponen pada kendaraan yang harus rutin diganti secara teratur adalah pelumas atau oli. Pertanyaan yang sering muncul tentang oli kendaraan adalah “Kapan oli harus diganti ?” atau “Setiap berapa kilometer atau berapa bulan sekali oli harus diganti?”.

Oli merupakan komponen yang berfungsi untuk melumasi komponen-komponen yang bersinggungan agar tidak cepat mengalami keausan. Pada sepeda motor matic, digunakan dua tipe oli yaitu oli mesin dan oli gardan.

Oli mesin digunakan untuk melumasi komponen-komponen di dalam mesin yang saling besinggungan, sedangkan oli gardan digunakan untuk melumasi komponen-komponen di dalam gardan yang saling bersinggungan.

Untuk waktu penggantian antara oli mesin dan oli gardan, waktunya tidak sama. Penggantian oli mesin lebih sering dilakukan atau lebih cepat dibandingkan dengan penggantian oli gardan.

Waktu penggantian oli mesin
Oli mesin yang tidak pernah diganti maka lama-kelamaan kualitas dan kuantitas dari oli akan berkurang sehingga akan mengurangi kinerja dari sistem pelumasan. Jika kinerja pelumas oli mesin berkurang maka bagian-bagian mesin yang bersinggungan akan cepat aus.

Oli mesin yang tidak diganti, lama kelamaan juga akan berkurang kuantitasnya, maka jika kuantitas atau jumlah oli berkurang dan berada dibawah standar, ini juga dapat mengakibatkan daya pelumasan menjadi berkurang.

Untuk tetap menjaga agar kinerja pelumasan mesin tetap optimal maka penggantian oli mesin harus rutin dilakukan secara berkala. Penggantian oli mesin dilakukan kurang lebih setiap kilometer 2000 sampai 3000 km atau setiap 2 sampai 3 bulan sekali tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu. Misalnya, bila kendaraan sering digunakan untuk menempuh jarak yang jauh setiap hari maka jarak tempuh atau kilometer tempuh akan lebih cepat tercapai, sehingga bila sudah mencapai jarak tempuh 2000 sampai 3000 km walaupun belum mencapai 2 bulan, oli mesin harus diganti. Sama halnya bila kendaraan tidak pernah dipakai, maka kilometer tempuh juga akan rendah, walaupun kilometer tempuh masih rendah dan umur pemakaian oli sudah mencapai 2 bulan sampai 3 bulan maka oli mesin juga harus diganti.

Waktu penggantian oli gardan
Oli gardan diganti pada jarak tempuh atau waktu yang lebih lama dibandingkan dengan oli mesin. Untuk penggantian oli gardan dilakukan ketika kendaraan telah mencapai jarak tempuh 8000 km atau saat umur pemakaian oli gardan telah mencapai 8 bulan tergantung mana yang dicapai terlebih dahulu. Misalnya, bila kendaraan sering digunakan pada jarak jauh maka jarak tempuh kendaraan akan lebih cepat tercapai dibandingkan dengan umur pemakaian oli gardan sehingga oli gardan harus diganti bila terlah mencapai jarak tempuh 8000 km, namun bila kendaraan tidak sering digunakan maka bila telah mencapai umur pemakaian oli yaitu sudah mencapai 8 bulan maka oli gardan harus diganti.

Bila oli gardan tidak pernah diganti, maka kualitas pelumasan oli gardan akan berkurang sehingga pelumasan pada bagian-bagian gardan akan berkurang. Jika pelumasan oli gardan tidak optimal maka dapat menyebabkan keausan pada komponen-komponen gardan yang nantinya akan dapat menyebabkan bunyi pada bagian gardan.

2 Responses to "Ganti Oli Motor Matic, Kapan Waktunya ?"

  1. sy sih di tiap 2000km min tiap ganti federal oil buat motor matic sy. kalo gak segitu ya sebulan sekali lah minimal hehehe

    ReplyDelete
  2. idealnya kalo dari pabrikan itu di 3000km. tpi biasanya ku ganti di 2000 km atau sebulan sekali. itu patokan kalo lagi ganti federal oil

    ReplyDelete