Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa di Starter

Semakin hari perkembangan kendaraan bermotor semakin maju dan semakin banyak jumlahnya. Hampir setiap orang memiliki kendaraan bermotor pribadi.

Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan bermotor yang banyak diminati. Jika anda memiliki mobil maka anda harus tahu sedikit-sedikit tentang bagaimana melakukan perawatan pada mobil.

Jika anda tidak mengetahui cara perawatan pada mobil, maka ketika mobil mengalami masalah anda akan merasa kebingungan untuk mencari penyebab permasalahan yang terjadi.

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan salah satu masalah yang sering terjadi pada mobil yaitu mobil tidak dapat distarter. Pertanyaan yang sering muncul ketika mobil mengalami masalah tidak dapat distarter adalah “Apakah penyebab mobil tidak dapat distarter?” kemudian “Bagaimana cara mengatasi mobil yang tidak dapat distarter?”.

Pada kendaraan mobil, untuk melakukan starter digunakan sistem starter elektrik sehingga jika ada masalah pada sistem starter elektriknya mobil tidak akan dapat disaterter, hal ini berbeda dengan sepeda motor yang dilengkapi dengan dua tipe starter yaitu starter elektrik dan starter kaki.

Beberapa penyebab dan cara mengatasi mobil yang tidak dapat distarter antara lain :

Baterai soak atau rusak
Penyebab pertama mobil mogok tidak dapat distarter yaitu karena baterai (aki/ accu) soak atau rusak.

Sistem starter membutuhkan sumber listrik yang kuat untuk dapat memutarkan armature pada starter. Jika sumber arus yaitu baterai mengalami kerusakan maka arus listrik yang disuplai baterai ke motor starter juga akan mengalami gangguan sehingga arus listrik yang mengalir ke motor starter akan kurang dan menyebabkan motor starter tidak kuat untuk memutarkan mesin.

Karena motor starter tidak dapat memutarkan mesin maka mesin tidak dapat menyala dan solusinya adalah dengan menjumper baterai dengan baterai yang baik atau dengan charger pada posisi starter atau boost atau dengan cara mengganti baterai yang rusak dengan baterai yang baik.

Sekering starter
Sekering pada sistem starter berfungsi sebagai komponen pengamanan jika terjadi hubungan singkat (konslet) atau arus yang mengalir berlebih.

Sekering pada sistem starter terpasang diatara kunci baterai positif dengan kunci kontak. Jika terjadi konslet atau arus yang mengalir berlebihan maka sekering akan putus sehingga arus listrik tidak dapat mengalir pada sistem starter sehingga sistem starter tidak dapat bekerja karena tidak dapat aliran listrik.

Cara mengatasinya yaitu dengan cara mengganti sekering yang putus dengan sekering yang baru, namun sebelum melakukan penggantian lakukan terlebih dahulu diagnosa kenapa sekering tersebut putus. Jika sudah diketahui penyebab sekering putus, lakukan langkah perbaikan dan barulah lakukan penggantian sekering.

Kunci kontak
Kunci kontak yang berada di mobil salah satunya berguna untuk menstarter mobil, jika keadaan kunci kontak rusak maka saat starter dilakukan arus dari positif baterai tidak akan di alirkan ke terminal 50 motor starter, sehingga motor starter tidak dapat bekerja.

Cara mengatasinya adalah dengan cara melakukan perbaikan atau penggantian kunci kontak mobil dengan yang baru.

Sambungan socket dan kabel
Sambungan-sambungan kabel dan socket yang kendor juga dapat mempengaruhi besarnya hambatan listrik pada rangkaian kelistrikan sistem starter sehingga arus yang mengalir ke motor starter tidak akan optimal dan akibatnya motor starter tidak dapat memutarkan mesin untuk hidup. Selain itu, bila sambungan kabel atau socketnya lepas maka aliran listrik juga tidak akan mengalir dan akibatnya pada sistem kelistrikan starter juga tidak akan dialiri listrik sehingga motor starter tidak akan berputar.

Cara mengatasinya adalah dengan lakukan pengencangan terhadap sambungan kabel atau socket yang kendor dan apabila sambungan kabel atau socket putus maka lakukan langkah perbaikan sambungan kabel dan socket tersebut.

Relay starter
Beberapa tipe sistem kelistrikan starter dilengkapi dengan relay starter. relay starter berfungsi untuk mengamankan switch starter dari aliran arus besar. Dengan relay maka dapat mengandalikan arus yang besar dengan arus yang kecil, sehingga sistem starter yang memakai relay akan membuat switch starter lebih awet.

Bila relay starter rusak maka tidak ada aliran listrik yang dari positif baterai menuju terminal 50 starter sehingga motor starter tidak dapat berputar.

Cara mengatasinya adalah dengan melakukan penggantian relay starter dengan yang baru.

Motor starter yang rusak
Motor starter berfungsi sebagai pemutar pertama mesin agar mesin dapat hidup. Motor starter ini terdiri dari beberapa komponen, komponen-komponen motor starter antara lain magnetic switch (solenoid), armature, tuas pendorong, sikat, pinion gear dan lain-lain.

Bila pada salah satu bagian motor starter mengalami kerusakan maka kerja motor starter tidak akan optimal sehingga motor starter tidak dapat menghasilkan tenaga putar yang cukup untuk memutarkan mesin.

Cara mengatasinya adalah lakukan perbaikan pada bagian motor starter yang mengalami kerusakan, misalnya bila sikat starter habis maka lakukan penggantian sikat starter.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa di Starter"

Post a Comment