Komponen-Komponen Sistem Wiper Mobil dan Fungsinya

Sistem wiper pada kendaraan mobil berfungsi untuk membersihkan kaca mobil dari kotoran ataupun air hujan pada bagian depan dan belakang (pada beberapa tipe mobil) agar pengendara dapat melihat dengan jelas.

Sistem wiper ini hubungannya sangat erat bagi keselamatan pengendara, bayangkan saja jika kendaraan mobil tidak dilengkapi dengan sistem wiper, pada saat hujan deras maka embun air hujan akan menempel pada kaca sehingga dapat menghalangi pandangan pengendara. Jika pandangan pengendara terhalang maka besar resikonya dapat terjadi kecelakaan. Oleh sebab itulah sistem wiper merupakan piranti tambahan yang sangat penting yang harus ada pada kendaraan mobil.

Letak sistem wiper pada kendaraan dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Wiper terdiri dari beberapa komponen yaitu saklar wiper, motor wiper, wiper link, wiper arm (lengan wiper) dan wiper blade.

Wiper switch

Wiper switch atau saklar wiper berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan wiper. Saklar wiper ini menjadi satu dengan saklar kombinasi (combination switch) pada mobil.

Motor Wiper

Motor wiper merupakan bagian dari sistem wiper yang berfungsi sebagai penggerak wiper. Motor wiper yang digunakan ini adalah motor magnet dengan gigi reduksi. Ada dua tipe yang digunakan untuk menimbulkan medan magnet pada motor, yaitu tipe wound rotor yang menggunakan lilitan coil untuk menghasilkan elektromagnet dan tipe ferrite magnet yang menggunakan ferrite magnet permanen.

Akhir-akhir ini, tipe motor wiper yang sering digunakan adalah tipe ferrite magnet dikarenakan tipe motor wiper ini memiliki ukuran yang kecil, beratnya yang lebih ringan dan menggunakan motor DC.

Wiper link

Wiper link atau tuas wiper ini berfungsi untuk merubah gerakan putar dari motor wiper menjadi gerakan bolak balik kiri kanan. Sistem wiper pada bagian depan mobil pada umumnya menggunakan dua buah blade, mekanisme untuk menggerakkan kedua blade ini menggunakan sistem paralel tandem.

Ketika wiper dihidupkan maka motor wiper akan memutar crank arm sehingga batang penghubung pada saat ini akan saling tarik dorong. Hal tersebut akan membuat wiper arm bekerja bergerak setengah lingkaran mengelilingi poros pivot. Linking rod (batang penghubung) yang terpasang pada kedua arm wiper ini akan membuat kedua blade bekerja secara paralel (bersamaan).

Wiper arm (lengan wiper)

Wiper arm atau lengan wiper terdiri dari head yang berfungsi untuk mengikaat wiper arm dengan wiper shaft, pegas yang berfungsi untuk menahan blade, arm piece yang berfungsi untuk pemasangan blade serta retainer untuk menahan keseluruhannya.

Pada saat wiper tidak dioperasikan maka dapat menganggu penglihatan pengendara, maka dari itu sistem wiper juga dilengkapi dengan concealed wiper yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan wiper ketika tidak beroperasi yang terletak diantara kaca mobil dan kap mesin. Concealed wiper dibagi menjadi dua tipe yaitu semi concealed dan tipe full concealed.

Tipe semi concealed ini hanya lengan wiper (wiper arm) yang disimpan atau tertutup sedangkan bagian blade terlihat. Sedangkan tipe full concealed ini lengan wiper dan blade tersimpan atau tertutup.

Wiper blade

Wiper blade terdiri dari sebuah karet yang berfungsi untuk membersihkan permukaan kaca,  kombinasi dari leaf spring packing serta lever dan clip untuk memasang blade pada bagian lengan wiper.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memasang blade pada arm, beberapa cara tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

0 Response to "Komponen-Komponen Sistem Wiper Mobil dan Fungsinya"

Post a Comment