Cara Kerja Planetary Gear Unit pada Transmisi Otomatis

Transmisi merupakan bagian dari komponen sistem pemindah tenaga (drive train system) yang berfungsi untuk merubah-ubah atau memvariasi kecepatan dan torsi yang dihasilkan oleh mesin sesuai dengan kebutuhan dan kondisi jalan.

Salah satu tipe dari transmisi otomatis adalah transmisi dengan kombinasi roda gigi planetary. Transmisi otomatis dengan roda gigi planetary sangat jauh berbeda dengan transmisi manual.

Komponen-komponen transmisi otomatis ini terdiri dari beberapa komponen utama yaitu :
  1. Torque converter
  2. Planetary gear unit
  3. Hydraulic control unit

Pada planetary gear unit terdapat  beberapa komponen utama yaitu sun gear, planetary gear (pinion gear) dan ring gear, untuk susunan roda gigi planetary unit atau planetary gear set dapat dilihat pada gambar di bawah ini :

Untuk merubah atau memvariasi kecepatan dan torsi pada transmisi otomatis tipe planetary gear unit maka ada bagian yang berfungsi sebagai penggerak (drive) atau input, ada bagian yang berfungsi sebagai yang digerakkan (driven) atau output dan ada bagian yang ditahan atau stasionary. Adapun cara kerja pada planetary gear unit untuk memvariasi kecepatan dan torsi antara lain :

Perlambatan atau deselerasi
Power input adalah ring gear
Power output adalah planetary carrier
Stasionary adalah sun gear

Ketika sun gear ditahan atau stasioner dan ring gear diputar maka planetary gear yang berputar. Pada saat ini putaran antara ring gear dan planetary gear menjadi searah dan poros output akan mengurangi kecepatannya (perlambatan) agar sepadan dengan putaran poros input hanya dengan putaran planetary gear.

Percepatan atau akselerasi
Power input adalah planetary carrier
Power output adalah ring gear
Stasionary adalah sun gear

Ketika sun gear ditahan dan planetary carrier diputar maka planetary gear juga akan berputar mengeliling. Pada saat ini putaran antara ring gear dan planetary gear menjadi searah serta akan menyebabkan putaran poros output menjadi lebih cepat.

Direct coupling
Power input adalah sun gear, ring gear
Power output adalah planetary carrier

Ring gear dan sun gear terhubung kemudian keduanya berputar bersama-sama sehingga planetary gear akan ikut berputar dengan arah yang sama dan kecepatan putaran antara ring gear dengan planetary carrier sama.

Mundur atau reverse rotation
Power input adalah sun gear
Power output adalah ring gear
Stasionary adalah planetary carrier

Ketika planetary carrier ditahan dan  sun gear diputar maka ring gear akan berputar dengan arak yang berkebalikkan dengan arah putaran sun gear. Pada saat ini sun gear berfungsi sebagai input dan ring gear sebagai output. Karena perbandingan ratio roda gigi antara ring gear dengan sun gear lebih besar ring gearnya maka kecepatan putaran akan direduksi atau diperlambat (ring gear berputar lebih lambat dari pada sun gear)

0 Response to "Cara Kerja Planetary Gear Unit pada Transmisi Otomatis"

Post a Comment