Fungsi Ring Piston Expander dan Cara Penggunaannya

Ring kompresi piston merupakan komponen yang berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran tekanan kompresi dan kebocoran  campuran bahan bakar dan udara serta kebocoran gas buang. Apabila ring kompresi piston rusak maka ring piston harus diganti dengan yang baru.

Sebelum melakukan penggantian ring kompresi piston sebaiknya lakukan dahulu langkah pemeriksaan ring kompresi piston meliputi pemeriksaan celah samping (side clearance) dan celah ujung ring piston (ring end gap).

Untuk melakukan penggantian atau pemeriksaan maka ring kompresi piston harus dilepas dari alur ring (ring grove) pada piston. Pada saat hanya ingin melakukan pemeriksaan ring kompresi piston maka pada saat melepas ring kompresi piston ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mematahkan ring kompresi piston. Selain itu, alur ring piston juga tidak boleh rusak atau tergores pada saat melepas ring kompresi piston.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan pada saat melepas ring kompresi piston maka dibutuhkan alat khusus. Alat yang digunakan tersebut adalah ring piston expander. Alat ring piston expander dapat dilihat seperti pada gambar di bawah ini :
Ring piston expander merupakan suatu alat yang digunaan untuk melepas dan memasang ring kompresi piston dari alur ring pada piston.

Cara penggunaan ring piston expander :
Cara pelepasang ring piston
Saat melepas ring piston maka posisikan ring expander pada posisi di bawah ini :
Tekan ring expander sehingga ring piston mengembang, kemudian angkat dan keluarkan ring piston dari alur ring pada piston.

Saat Pemasangan ring piston
Pasang ring kompresi piston pada ring expander pada posisi seperti pada gambar di bawah ini :
Tekan ring piston expander kemudian pasang ring kompresi pada alur ring pada piston.

0 Response to "Fungsi Ring Piston Expander dan Cara Penggunaannya"

Post a Comment