Fungsi Idle Speed Adjusting Screw (ISAS)

Idle Speed Adjusting Screw (sekrup penyetel putaran idle) atau disingkat dengan sebutan ISAS merupakan salah satu komponen pada sistem bahan bakar kendaraan yang berfungsi untuk mengatur putaran stasioner atau idle mesin kendaraan.

Pada kendaraan yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional (karburator), komponen ISAS ini terletak pada karburator dan berfungsi untuk mengatur bukaan atau mengunci katup throttle (katup gas) untuk menentukan besarnya putaran (RPM) mesin saat kondisi idle.

Putaran idle mesin dapat diatur dengan memutar ISAS ke arah kanan atau kiri. Apabila akan meningkatkan atau memperbesar putaran idle maka ISAS diputar ke arah kanan (dikencangkan) agar bukaan katup throttle semakin besar.



Namun apabila ingin menurunkan kecepatan idle maka ISAS diputar ke arah kiri (dikendorkan) sehingga bukaan katup throttle semakin kecil.

Sedangkan pada kendaraan dengan sistem bahan bakar injeksi, untuk mengatur putaran mesin ketika mesin keadaan idle telah diatur menggunakan ECU (Electronic Control Unit) dengan cara mengontrol bukaan dari katup ISC (Idle Speed Control).

Namun masih ada beberapa kendaraan injeksi yang masih menggunakan cara manual untuk mengatur putaran saat idle yaitu dengan menggunakan ISAS sebagai pengontrol putaran mesin saat keadaan idle dengan cara mengatur banyaknya udara yang dapat masuk ke dalam intake manifold. ISAS pada kendaraan injeksi ini terletak di saluran by pass pada throttle body.

Apabila ingin meningkatkan putaran idle maka jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold diberbanyak atau diperbesar dengan cara memutar ISAS ke arah kiri (dikendorkan) agar saluran by pass bertambah besar. Sedangkan apabila ingin menurunkan putaran idle maka jumlah udara yang masuk ke intake manifold diturunkan dengan cara memutar ISAS ke arah kanan (dikencangkan) untuk memperkecil atau mempersempit saluran by pass.

0 Response to "Fungsi Idle Speed Adjusting Screw (ISAS)"

Post a Comment