Pengertian Slip dan Spin Roda


Pada saat mengendarai kendaraan bermotor akan banyak hal yang sering terjadi misalnya kondisi roda mengalami slip dan mengalami spin.

Kondisi roda kendaraan yang mengalami slip dan spin, merupakan suatu hal yang tidak diinginkan oleh pengendara karena kondisi tersebut akan membahayakan, baik untuk pengendara sendiri atau orang lain.

Kemudian apakah yang dimaksud dengan spin roda dan slip roda itu sendiri? Apakah perbedaan spin dan slip roda? Apakah yang dapat menyebabkan roda mengalami spin atau slip? Dan bagaimana untuk mengatasinya?

Untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan di atas, maka simaklah penjelasan di bawah ini :

Pengertian spin
Spin adalah kondisi dimana roda berputar cepat pada permukaan jalan, tetapi kondisi kendaraan tidak bergerak (diam) atau bergerak lambat tidak sesuai dengan kecepatan putaran roda.

Kondisi roda-roda mengalami spin sering terjadi pada saat kendaraan melewati jalan yang licin.

Pengertian slip
Slip adalah kondisi dimana roda tidak perputar namun kendaraan masih tetap bergerak atau berjalan.

Kondisi roda-roda mengalami slip sering terjadi pada saat pengendara melakukan pengereman secara mendadak dan dengan tenaga yang kuat sehingga roda-roda akan mengunci.

Kedua kondisi roda di atas, baik spin atau slip dapat sama-sama membahayakan karena kendaraan akan menjadi susah untuk dikendalikan arahnya melalui kemudi atau steer.

Produsen kendaraan baru-baru ini telah melengkapi kendaraan dengan teknologi yang dapat menghindari kendaraan mengalami slip dan spin, beberapa teknologi tersebut diantaranya adalah ABS, TC dan VSC.

ABS (Anti lock Brake System) merupakan teknologi kendaraan yang berfungsi untuk mencegah agar roda-roda tidak mengalami penguncian (lock) ketika pedal rem diinjak (ditekan) mendadak dan secara kuat.

TC (Traction Control) merupakan teknologi kendaraan yang berfungsi untuk mencegah roda agar tidak mengalami spin ketika kendaraan bergerak untuk pertama kalinya.

VSC (Vehicle Stability Control) merupakan teknologi kendaraan yang berfungsi untuk menjaga kestabilan kendaraan ketika berjalan. Sistem akan mengurangi tenaga pada roda yang kehilangan traksi terhadap jalan secara otomatis, sehingga menghindari resiko kemudi susah untuk dikendalikan.

0 Response to "Pengertian Slip dan Spin Roda"

Post a Comment