Fungsi Kunci Ratchet dan Cara Penggunaannya

Kunci ratchet merupakan bagian dari tipe-tipe kunci socket yang dibedakan berdasarkan tuas pemutar atau batangnya.

Kepala socket dapat diganti-ganti disesuaikan dengan ukuran baut atau mur yang akan dipasang atau dilepas.

Di dalam kunci ratchet terdapat roda gigi yang arah putarannya dapat diatur searah atau berlawanan arah dengan jarum jam dengan menggeser atau memutar pengatur putaran pada kunci ratchet tersebut.

Namun dalam penggunaan kunci ratchet, kunci ratchet tidak digunakan untuk melepaskan baut atau mur yang masih dalam keadaan kencang atau tidak untuk mengencangkan baut atau mur terlalu kencang karena dapat merusak kunci ratchetnya.

Sehingga kunci ratchet berfungsi untuk mengencangkan atau mengendorkan baut atau mur yang dalam keadaan longgar tanpa perlu melepaskan atau mengangkat kepala socket dari baut atau mur.

Cara penggunaan kunci ratchet :
  1. Pilih kepala socket sesuai dengan ukuran kepala baut atau mur
  2. Pasang kepala socket pada ratchet dengan menekan tombol yang ada di belakang ratchet.
  3. Atur arah putaran dengan menggeser tuas ke kiri atau ke kanan. Apabila akan digunakan untuk mengencangkan maka geser tuas ke kanan dan apabila akan digunakan untuk mengendorkan maka geser tuas ke kiri.
  4. Lakukan pengendoran baut atau mur yang sudah dalam keadaan longgar, namun apabila baut atau mur masih kencang maka kendorkan dahulu dengan kunci lainnya, atau apabila akan digunakan untuk mengencangkan baut atau mur jangan gunakan untuk mengencakang terakhir, gunakan kunci lainnya saat proses pengencangan terakhir.

Peringatan :
Saat menggunakan ratchet, jangan memukul ratchet dengan palu karena dapat merusak kunci ratchet.

3 Responses to "Fungsi Kunci Ratchet dan Cara Penggunaannya"