Cara Menentukan Kapasitas Sekering pada Rangkaian Beban

Setiap rangkaian kelistrikan kendaraan, tentunya dilengkapi dengan sekering yang digunakan sebagai pengaman kelistrikan.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kerusakan komponen yang diakibatkan karena terjadinya hubungan pendek (konsleting) atau arus yang melewati rangkaian tersebut terlalu besar.

Setiap beban kelistrikan, pada umumnya memiliki sekering sendiri-sendiri. Misalnya untuk kelistrikan lampu utama, klakson atau untuk lampu rem memiliki sekering sendiri-sendiri.

Sekering-sekering tersebut diletakkan pada box sekering, dan untuk melihat sekering tersebut untuk kelistrikan apa?, dapat dilihat pada tutup box sekering.

Kapasitas sekering yang digunakan pada masing-masing beban kelistrikan telah disesuaikan dengan jumlah arus yang akan dibutuhkan pada rangkaian tersebut.

Sehingga pada masing-masing rangkaian, untuk sekering yang digunakan belum tentu sama kapasitasnya.

Untuk menghitung kapasitas sekering pada beban kelistrikan, maka hitung terlebih dahulu berapa besar arus yang dibutuhkan pada beban kelistrikan tersebut.

Arus yang dibutuhkan pada beban kelistrikan dapat dihitung dengan menggunakan rumus :

I = P/V

Keterangan :
I adalah kuat arus dengan satuan Ampere
P adalah daya listrik dengan satuan Watt
V adalah tegangan listrik dengn satuan Volt

Setelah diketahui berapa besar arus yang dibutuhkan pada beban kelistrikan, kemudian kita kalikan dua untuk faktor aman kapasitas sekering yang akan digunakan.

Contoh :

Pada rangkaian klakson kendaraan memiliki daya listrik 50 watt dengan tegangan baterai yang digunakan sebesar 12 volt, maka berapa kapasitas sekering yang dibutuhkan?

Jawab :

Terlebih dahulu kita hitung arus yang dibutuhkan pada rangkaian klakson tersebut dengan rumus I = P/V

I = P/V = 50 / 12 = 4,17 Ampere 

Setelah arus yang dibutukan sudah diketahui, kemudian kita kalikan dua sebagai faktor aman. Sehingga hasilnya 4,17 x 2 = 8,34 Ampere.

Dikarenakan kapasitas sekering yang tersedia dipasaran yaitu 5 A ; 7,5 A ; 10 A ; 15 A ; 20 A ; 25 A  dan 30 A, maka untuk kebutuhan sekering rangkaian di atas kita gunakan 10 A.


0 Response to "Cara Menentukan Kapasitas Sekering pada Rangkaian Beban"

Post a comment