Fungsi Receiver Dryer, Fusible Plug dan Sight Glass pada Sistem AC

Salah satu komponen yang ada pada sistem AC (Air Conditioner) adalah receiver dryer. Letak receiver dryer pada sistem AC terletak diantara condenser dan katup ekspansi (ekspansion valve). Refrigerant atau freon yang telah dipompakan oleh kompresor akan mengalir ke kondenser kemudian akan melewati receiver dryer sebelum di kirim ke katup ekspansi.

Receiver dryer merupakan komponen penting pada sistem AC mengingat fungsi receiver dryer yang sangat vital bagi sistem AC.

Fungsi receiver dryer yang pertama yaitu untuk menyaring kotoran-kotoran yang ikut bersirkulasi bersama refrigerant. Jika kotoran dibiarkan tetap bersirkulasi maka akibatnya dapat mengganggu jalannya aliran refrigerant, mengingat refrigerant juga melewati katup ekspansi, dimana saluran pada katup ekspansi ini berukuran kecil sehingga jika ada kotoran maka akan menyumbat refrigerant untuk bersirkulasi. Komponen yang berfungsi untuk menyaring kotoran pada receiver dryer ini adalah komponen filter.

Fungsi yang kedua dari receiver dryer adalah untuk menyerap air yang terkandung pada refrigerant. Air yang berada pada refrigerant dan ikut bersirkulasi di sistem AC akan membuat gangguan pada sistem, mengingat refrigerant setelah melewati katup ekspansi akan bersuhu rendah sehingga jika ada air pada sistem maka air tersebut akan berpotensi membeku atau menjadi es. Es ini akan menyumbat saluran pada katup ekspansi oleh sebab itu air pada sistem AC harus dihilangkan. Komponen pada receiver dryer yang berfungsi untuk menyerap air pada refrigerant ini adalah desiccant atau silica gel.
Kontruksi komponen receiver dryer pada sistem AC

Dan fungsi yang ketika dari receiver dryer adalah sebagai penampung sementara freon dalam bentuk cair.

Pada receiver dryer tedapat beberapa komponen di dalamnya, untuk lebih jelasnya perhatikan konstruksi komponen di bawah ini :
Fungsi komponen-komponen pada receiver dryer antara lain :
Filter
Fiter berfungsi untuk menyaring kotoran yang ikut bersirkulasi dengan refrigerant pada sistem AC.

Desiccant
Desiccant berfungsi untuk menyerap uap air yang terkandung di dalam refrigerant.

Sight Glass
Sight glass atau kaca pengintai atau kaca penglihat yang berfungsi untuk tempat melihat aliran refrigerant di dalam sistem AC. Selain itu sight glass juga dapat berfungsi untuk melihat jumlah refrigerant yang terdapat di dalam sistem AC. Refrigerant yang kurang akan membuat ada banyak udara pada sistem, udara pada dasarnya terdapat kandungan air didalamnya sehingga ketika kondisi dingin maka air yang terdapat atau terkandung pada udara akan mengembun oleh sebab itu akan mengakibatkan adanya air di dalam sistem AC. Selain itu, jika refrigerant terlalu banyak maka tekanan pada sistem AC akan meningkat sehingga berpotensi akan merusak komponen lainnya seperti sambungan pipa-pipa. Oleh sebab itu selalu kontrol jumlah dari refrigerant yang terkandung dalan sistem AC yang dapat dilakukan dengan melihat glembung-gelembung aliran pada sight glass.
Terdapat 2 tipe pemasangan sight glass, yaitu yang pertama sight glass dipasangkan di bagian receiver dryer dan satu lagi tipe sight glass yang dipasangkan pada pipa.
Fusible plug
Fusible plug berfungsi sebagai alat pengaman aliran refrigerant, sama halnya pada rangkaian kelistrikan dimana juga terdapat rangkaian pengaman yaitu fuse. Pada sistem AC juga terdapat alat pengamanan yaitu fusible plug. Pada fusible plug terdapatt tim yang dapat meleleh  ketika tekanan refrigerant didalam sistem terlalu tinggi. Tekanan tinggi akan membuat temperatur menjadi tinggi pula sehingga dapat membuat timah pada fusible plug ini meleleh. Tekanan yang berlebihan jika dibiarkan akan dapat merusak komponen-komponen lainnya yang terdapat pada sistem AC. Tekanan yang berlebihan ini dapat disebabkan karena terdapat bagian pipa yang tersumbat atau jumlah refrigerant yang terlalu banyak sehingga tekanan yang dihasilkan oleh kompresor menjadi tinggi. Timah yang terdapat pada fusible plug dapat meleleh pada temperatur sekitar 95 sampai 100 derajat celsius.

Melihat fungsi receiver dryer yang sangat penting bagi kinerja sistem AC maka perlu dilakukan perawatan pada receiver dryer. Sama halnya seperti saringan oli, receiver dryer juga perlu penggantian secara berkala agar kinerja dari receiver dryer selalu optimal.

0 Response to "Fungsi Receiver Dryer, Fusible Plug dan Sight Glass pada Sistem AC"

Post a Comment