Pegertian dan Fungsi Caster Nol, Caster Positif dan Caster Negatif

Salah satu faktor geometri roda atau Front Wheel Aligment (FWA) adalah sudut caster.

Sudut caster merupakan sudut kemiringan sumbu putar kemudi atau sumbu king pin atau steering axis terhadap garis tengah roda secara vertikal bila dilihat dari arah samping kendaraan.

Caster Nol
Bila kendaraan memiliki nilai caster nol maka sudut kemiringan sumbu putar kemudi atau sumbu king pin terhadap garis tengah roda secara vertikal bila dilihat dari arah samping kendaraan akan bernilai “0” atau dengan kata lain tidak ada kemiringan pada sumbu king pin.

Caster Negatif
Bila kendaraan memiliki nilai caster negatif maka pada bagian atas sumbu king pin akan berada di depan dari garis tengah roda (dari nilai “0”) dan pada bagian bawah dari sumbu king pin akan berada di depan garis tengah roda bila dilihat dari arah samping.

Caster Positif
Bila kendaraan memiliki nilai caster positif maka pada bagian atas sumbu king pin akan berada di bagian dari garis tengah roda (dari nilai “0”) dan pada bagian bawah dari sumbu king pin akan berada di baian belakang dari garis tengah roda bila dilihat dari arah samping.

Untuk lebih jelasnya mengenai caster 0, caster negatif dan caster positif, perhatikan gambar di bawah ini :

Fungsi caster
Saat kendaraan berjalan lurus, caster memiliki fungsi sebagai penstabil roda agar roda tetap dapat berjalan lurus walaupun roda kemudi dilepaskan.

Saat kendaraan berbelok, maka akan terjadi perubahan sudut caster pada roda luar yang akan menuju ke arah negatif sehingga ban akan menopang pada permukaan jalan dengan baik. Oleh sebab itu akan membuat roda menjadi tidak mudah slip.

Pengaruh caster terhadap pengemudian
Caster positif
Penyetelan sudut caster positif yang benar akan membuat roda menjadi stabil bila kendaraan berjalan lurus. Namun bila penyetelan caster terlalu positif maka akan menimbulkan getaran yang lebih besar ketika kendaraan berjalan ditempat yang tidak rata.

Caster negatif
Penyetelan sudut caster negatif akan mambuat roda menggelepar dan menimbulkan getaran. Selain itu, roda juga tidak akan stabil ketika berjalan lurus.

Caster “0”
Penyetelan sudut caster “0” maka ketika kendaraan berjalan lurus, roda tidak akan cenderung lurus sehingga tidak akan ada kestabilan ketika kendaraan tersebut berjalan lurus

Spesifikasi sudut caster secara umum adalah antara 3o sampai 8o dan perbedaan yang diijinkan antara roda kanan dan roda kiri tidak boleh melebihi 30’ (30 menit).

0 Response to "Pegertian dan Fungsi Caster Nol, Caster Positif dan Caster Negatif"

Post a Comment