Penanganan atau Cara Mengatasi Kunci Asli Yang Hilang Pada Kendaraan Dengan Sistem Immobilizer

Sistem immobilizer merupakan salah satu pengembangan dari sistem pengamanan pada kendaraan.

Sistem immobilizer ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindakan pencurian terhadap kendaraan.

Pada sistem ini dilengkapi dengan chip yang terpasang pada ignition key (kunci kontak) dan ignition switch.

Saat konci kontak dimasukkan ke dalam ignition switch maka immobilizer control unit receiver (pada ignition switch) akan mengirimkan signal kode ke kunci kontak. Jika signal kode ini tidak sama maka kendaraan tidak akan dapat menyala, namun jika signal kode ini sama maka kendaraan dapat menyala.

Oleh sebab itu, kunci yang digunakan pada kendaraan dengan immobilizer harus kunci yang asli.

Jika kunci yang digunakan bukan kunci asli maka kendaraan dengan immobilizer tersebut tidak akan menyala.

Pertanyaannya, bagaimana jika kunci asli terseut menghilang? Apa yang harus dilakukan oleh pemilik kedaraan tersebut?

Pihak Astra Daihatsu dalam program pembelajaran yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 1 Imogiri menjelaskan, saat pembeli produk kendaraan di Astra Daihatsu, maka selalu dilengkapi dengan dua buah kunci yang tujuannya satu kunci digunakan sebagai kunci serep.

Jika kunci asli hilang maka masih akan ada kunci serep. Kunci serep ini sebaiknya langsung digandakan di dealer resmi, sehingga nantinya jika kunci asli hilang kembali masih ada kunci serepnya.

Namun jika kunci asli hilang dan pemilik kendaraan tidak memiliki kunci serep maka yang harus dilakukan adalah melakukan penggantian ECU kemudian memasang kunci yang sesuai dengan ECU yang baru.

Tentu saja untuk pembuatan kunci serep pada kendaraan immobilizer terbilang cukup mahal karena adanya chip di dalam kunci kontak. Namun akan jauh lebih mahal biaya perbaikannya jika harus melakukan penggantian ECU.

Oleh sebab itu jagalah kunci asli kendaraan anda agar tidak hilang, dan selalu siapkan atau simpan kunci serep kendaraan tersebut di tempat yang aman.

0 Response to "Penanganan atau Cara Mengatasi Kunci Asli Yang Hilang Pada Kendaraan Dengan Sistem Immobilizer"

Post a Comment