Water pump, Fungsi dan Cara Kerjanya

Salah satu komponen pada sistem pendingin adalah water pump atau pompa air. Tanpa adanya water pump maka air pendingin tidak dapat bersirkulasi sehingga tidak akan mungkin terjadi pendinginan pada mesin. Jika tidak ada pendinginan tentu saja akan menyebabkan mesin over heating.
Fungsi dari water pump atau pompa air sendiri berfungsi untuk memompa air agar air pendingin dapat bersirkulasi pada bagian-bagian mesin melalui water jacket guna untuk melakukan pendinginan water pump atau pompa air berputar sesuai dengan putaran mesin, pompa air ini terletak atau tersambung dengan pulli (dibelakang kipas pendingin) dan pulli ini terhubung dengan v-belt. Oleh sebab itu putaran dari pompa air sebanding dengan putaran mesin.

Mengingat pentingnya kerja dari water pump atau pompa air ini, maka pompa air perlu dirawat dan selalu diperiksa dan anda perlu mengenali kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada water pump atau pompa air. Jika water pump atau pompa air rusak harus segera diperbaiki.

Kerusakan pada water pump dan akibatnya
Jika water pump atau pompa air ini mengalami kerusakan maka akan menimbulkan masalah pada mesin. Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa fungsi dari water pump adalah untuk memompa air agar dapat bersirkulasi sehingga jika water pump mengalami kerusakan akan menyebabkan air pendingin tidak dapat bersirkulasi. Ketika air pendingin tidak dapat bersirkulasi maka proses pendinginan menjadi kurang dan dapat menyebabkan over heating. Kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada pompa air atau water pump ini adalah pada komponen kincirnya mengalami karat (berkarat) sehingga mengakibatkan air pendingin juga akan membawa karat saat disirkulasikan dan karat ini juga dapat menyebar ke bearing, jika bearing berkarat dapat berkemungkinan bearing menjadi macet atau seret sehingga putaran water pump menjadi tersendat-sendat. Selain itu bearing juga dapat menjadi kocak, jika bearing kocak maka akan timbul suara. Masalah yang lain adalah terjadinya kebocoran pada water pump atau pompa air, hal ini dapat disebabkan karena karat yang terjadi pada rumah water pump sehingga menyebabkan kebocoran.

Nah setelah anda mengetahui penyebab kerusakan pada water pump dan akibatnya maka anda perlu melakukan perawaatan secara berkala baik dengan melihatnya secara visual dengan melihat apakah adanya kebocoran air pendingin pada rumah water pump atau juga dengan mendengar adakah suara pada mesin pada bagian rumah water pump lalu mengecek apakah terjadi kekocakkan pada bearing water pump atau juga dengan melihat gejala-gejala lain, misalnya nidikator panas mesin menyala karena mengidentifikasikan mesin mengalami over heating dan lain sebagainya.

7 Responses to "Water pump, Fungsi dan Cara Kerjanya"

  1. Cara meriksa water pump gmna bang?klo da kerusakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara memeriksa water pump dengan cara memutar water pump dengan tangan, hal ini dilakukan untuk memeriksa apakah water pump kocak atau putaran water pump terasa berat. Selain itu, periksa apakah dibagian water pump terdapat tanda-tanda kebocoran air atau tidak

      Delete
  2. Cara meriksa water pump sama thermostat klo terdapat kerusakan pada sistem pendingin gmna bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau thermostat yang rusak dapat diketahui dari tanda-tanda kinerja mesin, bila mesin mengalami over heat (indikator menunjukan mesin panas) maka hal pertama yang harus dicek adalah jumlah air pendingin kemudian kondisi thermostatnya, bila thermostat rusak dalam keadaan menutup maka air pendingin tidak akan mengalir ke radiator, sehingga mesin akan menjadi panas. sebaliknya bila thermostat rusak dalam keadaan membuka, maka mesin akan lebih lama mencapai temperatur kerjanya

      Delete
  3. Cara meriksa water pump sama thermostat klo terdapat kerusakan pada sistem pendingin gmna bang?

    ReplyDelete
  4. Mobil sy x over thn 2008, sy isi air coolant di radiator full, setelah 1 jam air radiatornya berkurang karna keluar airnya menetes di bawah alat waterpump nya, itu knpa ya?

    ReplyDelete
  5. Cara kerja water pump gimana ?

    ReplyDelete