Fungsi dan Cara Kerja Sentrifugal Advancer

Sentrifugal advancer (centrifugal advancer) atau governor advancer merupakan salah satu komponen pengajuan pengapian pada mesin. Fungsi dari sentrifugal advancer adalah untuk memajukkan saat pengapian berdasarkan dengan kecepatan putaran mesin, sehingga walaupun kecepatan gerakan naik turun piston semakin cepat, tekanan pembakaran maksimum yang dihasilkan tetap berada dekat setelah piston melewati TMA.

Komponen-komponen sentrifugal advancer dapat ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
Semakin cepat putaran dari mesin, maka akan semakin cepat pula putaran dari poros distributor. Plat pembawa pemberat sentrigugal terhubung dengan poros distributor sehingga bila poros distributor berputar cepat maka plat pembawa pemberat sentrifugal juga akan berputar cepat. Karena putarannya cepat maka akan terjadi gaya sentrifugal yang menyebabkan pemberat (bobot) yang dipasang pada plat pembawa pemberat sentrifugal terlempar keluar (mengembang keluar). Akibatnya maka sisi dari kedua bobot pemberat sentrifugal ini akan menekan kedua sisi plat berkurva sehingga menyebabkan poros governor (poros cam) berputar lebih maju dari kedudukan awal. Karena poros cam berputar maju maka poros cam akan menekan ebonit (sepatu platina) akan lebih awal sehingga platina juga akan membuka lebih awal. Dengan demikian saat pengapian yang terjadi akan maju.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara kerja dari sentrifugal advancer pada semua kecepatan baik pada saat putaran idle (stasioner), putaran rendah dan putaran tinggi antara lain :

Pada putaran mesin idle (stasioner)
Pada saat mesin berputar idle atau stasioner maka putaran dari poros distributor juga akan lambat. Pada saat ini pemberat (bobot) sentrifugal belum mengembang keluar dengan kuat karena belum mampu melawan kekuatan pegas penahannya sehingga pelat kurva belum tertekan. Bila plat kurva belum tertekan maka poros cam juga belum tertekan maju sehingga pada saat ini saat pengapian belum dimajukkan.

Pada putaran mesin rendah sampai putaran mesin menengah
Ketika putaran mesin semakin naik, maka putaran dari poros distributor juga ikut naik. Pada saat putaran rendah sampai putaran menengah, pemberat (bobot) sentrifugal akan mulai mengembang keluar sehingga plat kurva juga mulai tertekan. Jika plat kurva tertekan maka poros cam juga akan mulai tertekan maju sehingga pada saat ini saat pengapian mulai dimajukkan tetapi belum saat pengapian belum maju terlalu jauh.

Pada putaran mesin tinggi
Pada saat putaran mesin tinggi maka poros distributor akan berputar semakin cepat juga sehingga pemberat (bobot) sentrifugal akan mengembang keluar dengan kuat (karena gaya sentrifugal besar) sehingga plat kurva juga akan tertekan dengan kuat. Jika plat kurva tertekan kuat maka poros cam juga akan tertekan semakin maju sehingga pada saat ini saat pengapian akan dimajukan lebih besar.


Karakteristik dari kurva kerja sentrifugal advancer dapat diperlihatkan pada kurva di bawah ini :

0 Response to "Fungsi dan Cara Kerja Sentrifugal Advancer"

Post a Comment