Tips Atasi Oli Rembes Ke Busi

Mungkin anda pernah mengalami ketika melepas busi kemudian anda melihat kondisi busi basah terkena oli. Jika busi basah oli, hal ini mengidentifikasikan bahwa oli mesin masuk ke dalam ruang bakar. Tahukah anda penyebab busi kendaraan basah karena oli yang masuk ke dalam ruang bakar (oli rembes ke busi) ?. Dari mana oli tersebut dapat masuk ke dalam ruang bakar ?.

Penyebab oli merembes ke busi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
Seal tutup katup (klep) yang rusak
Pada batang klep terdapat seal klep yang memiliki fungsi untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang bakar jika klep membuka. Jika seal klep mengeras atau rusak dapat menyebabkan oli merembes masuk melalui bagian klep. Oleh sebab itu jika melakukan pembongkaran katup maka dianjurkan untuk mengganti seal klep dengan yang baru.

Gasket kepala silider rusak
Antara kepala silinder dan blok silinder dipasangkan gasket yang berfungsi sebagai perapat yang berfungsi untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang bakar dan untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi. Gasket kepala silinder lama kelamaan akan mengeras karena pengaruh panas sehingga dapat menyebabkan oli masuk ke dalam ruang bakar, akibatnya busi akan basah karena oli. Selain itu, oli mesin juga dapat terlihat bocor dari bagian atas mesin.

Cara memperbaiki oli yang masuk ke dalam ruang bakar dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
Oli mesin yang merembes masuk ke dalam ruang bakar akan menyebabkan oli cepat habis karena ikut terbakar, sehingga jika jumlah oli menjadi kurang dari spesifikasinya maka mesin akan menjadi cepat panas (over heating), komponen-komponen yang saling bersinggungan tidak dapat terlumasi dengan baik akibatnya menjadi cepat aus dan lain-lain. Sehingga jika terlihat indikasi busi basah terkena oli maka segeralah lakukan pemeriksaan penyebabnya dan kemudian lakukan perbaikan. Jika penyebab oli rembes adalah karena seal klep rusak maka cara mengatasinya adalah dengan mengganti seal klep dengan yang baru. Sedangkan jika penyebab oli rembes adalah karena gasket kepala silinder yang rusak maka gantilah gasket kepala silinder dengan yang baru.

2 Responses to "Tips Atasi Oli Rembes Ke Busi"

  1. Apakah rembesnya oli ke ruang pembakaran bisa disebabkan karena pengisian oli yang terlalu banyak ?
    Apakah masuknya oli keruang pembakaran berdampak pada jalannya mesin tersendat sendat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengisian oli yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan oli, tp utk khasus apakah oli yang berlebihan dapat masuk ke ruang bakar, hal tersebut jarang terjadi.

      Utk apabila oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar dapat menyebabkan mesin tersendat? Hal tersebut tergantung dari banyaknya oli yg ikut terbakar.

      Delete