Akibat Penyetelan Celah Busi Yang Tidak Tepat

Busi merupakan bagian dari komponen sistem pengapian. Busi berfungsi untuk menghasilkan percikkan bunga api pada celah elektrodanya. Seperti yang sudah diketahui, syarat terjadinya pembakaran yaitu ada tiga unsur yaitu adanya bahan bakar, udara dan api. Untuk menghasilkan tenaga mesin yang optimal salah satunya dengan memperbaiki sistem pengapiannya agar bunga api yang dihasilkan pada busi baik (besar) yang nantinya digunakan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara baik sehingga akan mengahasilkan tekanan pembakaran yang optimal.

Baca juga : Akibat kondensor pada sistem pengapian rusak

Celah busi perlu diperiksa dan disetel agar percikkan bunga api yang dihasilkan oleh busi baik. Celah atau gap pada memiliki standar, standar celah busi harus disesuaikan dengan standar pabrik (standar celah busi atau gap busi pada umumnya 0,7 mm - 0,8 mm). Penyetelan celah busi yang tidak tepat atau salah dapat menyebabkan beberapa masalah yaitu :

Celah elektroda busi yang terlalu besar, akibatnya :
  • Kebutuhan tegangan listrik untuk menghasilkan loncatan bunga api akan lebih tinggi. Jika sistem pengapian tidak dapat memenuhi kebutuhan tegangan listriknya maka kendaraan akan menyala dengan tersendat-sendat.
  • Isolator-isolator tegangan tinggi pada busi akan cepat rusak karena beban tegangan listrik yang tinggi.
  • Motor menjadi agak susah untuk dihidupkan.

Baca juga : Fungsi busi dengan resistor

Celah elektroda busi yang terlalu sempit atau kecil, akibatnya :
  • Elektroda akan cepat kotor, khususnya pada kendaraan 2 tak.
  • Bunga api yang dihasilkan busi lemah.
  • Tenaga yang dihasilkan motor menjadi kurang.

Busi yang tidak memiliki celah, akibatnya :
  • Tidak akan terjadi loncatan bunga api pada elektrodanya
  • Kendaraan tidak akan bisa menyala

Celah busi dapat bertambah besar akibat terjadinya keausan, sehingga pemeriksaan celah busi saat melakukan servis kendaraan harus dilakukan. Selain itu, pemeriksaan busi kepala busi terhadap kerak, kotoran, karbon dan lain-lain juga harus dilakukan agar kinerja busi dapat optimal. Jika kinerja busi optimal maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin juga akan optimal.

0 Response to "Akibat Penyetelan Celah Busi Yang Tidak Tepat"

Post a Comment