Fungsi Dan Konstruksi Tangki Bahan Bakar (Fuel Tank)

Untuk menyimpan bahan bakar atau bensin dikendaraan maka digunakanlah tangki. Fungsi dari tangki bahan bakar yaitu untuk menampung bahan bakar dalam jumlah tertentu di kendaraan. Tangki bahan bakar termasuk bagian dari komponen-komponen sistem bahan bakar.

Kontruksi atau bagian-bagian dari tangki bahan bakar (fuel tank) :

Separator
“Untuk apa separator digunakan pada tangki bahan bakar ?” Jawabannya yaitu separator digunakan untuk mencegah terjadinya gunacangan pada bahan bakar didalam tangki saat kendaraan berjalan ditempat yang tidak rata atau separator juga digunakan untuk mencegah permukaan bahan bakar didalam tangki tidak miring akibat kendaraan berjalan dijalan menanjak atau turun sehingga bahan bakar akan selalu terhisap oleh pompa bensin bukan menghisap udara. Itulah fungsi dari separator yang dipasangkan pada tangki bahan bakar.

Baut penguras
Baut penguras digunakan pada tangki bahan bakar untuk menguras bensin dan juga untuk menguras air bila ada didalam tangki bahan bakar. Pertanyaannya “kenapa didalam tangki bahan bakar bisa terdapat air ?”. Jawabannya yaitu, didalam udara mengandung air, bila mengisi bahan bakar tidak penuh maka didalam tangki akan terdapat udara. Pada kondisi dingin, air dapat mengembun didinding-dinding tangki bahan bakar, akibat dari embunan air inilah kenapa ada air yang masuk kedalam tangki bahan bakar. Air memiliki berat jenis yang lebih berat dibanding dengan bahan bakar sehingga air akan berada dibawah bahan bakar. Jika ada air didalam tangki maka seperti yang kita tahu, tangki akan memiliki kemungkinan untuk terjadi karat sehingga air yang ada pada tangki harus dikuras melalui baut penguras.

Tutup tangki
Tutup tangki memiliki fungsi untuk mencegah agar bahan bakar tidak keluar dari tangki saar terjadi guncangan. Pada tutup tangki sendiri ada tipe tutup tangki yang memiliki lubang ventilasi. Lubang ventilasi ini perlu diadakan karena lubang ventilasi ini berfungsi untuk menyamakan tekanan pada ruang didalam tangki dengan tekanan udara luar. Jika tutup tangki tidak memiliki lubang ventilasi maka bisa jadi tangki memiliki lubang ventilasi tersendiri dengan menggunakan katup.

Kelebihan ventilasi pada tutup tangki yaitu :
  • Tipe ventilasi pada tutup tangki ini sering digunakan pada mobil.
  • Jika ujung dari saluran lubang ventilasi ini tidak terpasang pada tempat yang bersih maka kotoran akan dapat masuk kedalam tangki bahan bakar.

Kelebihan ventilasi dengan katup yaitu :
  • Pada tipe ventilasi dengan katup ini akan lebih aman terhadap terjadinya kebocoran saat posisi kendaraan miring atau terbalik sekalipun.
  • Penguapan dari bahan bakarnya lebih sedikit sehingga bahan bakar akan lebih irit.

Fuel Sender Gauge
Fuel sender gauge merupakan komponen pada tangki bahan bakar yang memiliki fungsi untuk mendeteksi tinggi permukaan bahan bakar di dalam tangki ke pengendara sehingga pengendara akan mengetahui apakah bahan bakar masih ada atau sudah hampir habis.

0 Response to "Fungsi Dan Konstruksi Tangki Bahan Bakar (Fuel Tank)"

Post a Comment