Tips Atasi Oli Rembes Ke Busi

Mungkin anda pernah mengalami ketika melepas busi kemudian anda melihat kondisi busi basah terkena oli. Jika busi basah oli, hal ini mengidentifikasikan bahwa oli mesin masuk ke dalam ruang bakar. Tahukah anda penyebab busi kendaraan basah karena oli yang masuk ke dalam ruang bakar (oli rembes ke busi) ?. Dari mana oli tersebut dapat masuk ke dalam ruang bakar ?.

Penyebab oli merembes ke busi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain :
Seal tutup katup (klep) yang rusak
Pada batang klep terdapat seal klep yang memiliki fungsi untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang bakar jika klep membuka. Jika seal klep mengeras atau rusak dapat menyebabkan oli merembes masuk melalui bagian klep. Oleh sebab itu jika melakukan pembongkaran katup maka dianjurkan untuk mengganti seal klep dengan yang baru.

Gasket kepala silider rusak
Antara kepala silinder dan blok silinder dipasangkan gasket yang berfungsi sebagai perapat yang berfungsi untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang bakar dan untuk mencegah terjadinya kebocoran kompresi. Gasket kepala silinder lama kelamaan akan mengeras karena pengaruh panas sehingga dapat menyebabkan oli masuk ke dalam ruang bakar, akibatnya busi akan basah karena oli. Selain itu, oli mesin juga dapat terlihat bocor dari bagian atas mesin.

Cara memperbaiki oli yang masuk ke dalam ruang bakar dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
Oli mesin yang merembes masuk ke dalam ruang bakar akan menyebabkan oli cepat habis karena ikut terbakar, sehingga jika jumlah oli menjadi kurang dari spesifikasinya maka mesin akan menjadi cepat panas (over heating), komponen-komponen yang saling bersinggungan tidak dapat terlumasi dengan baik akibatnya menjadi cepat aus dan lain-lain. Sehingga jika terlihat indikasi busi basah terkena oli maka segeralah lakukan pemeriksaan penyebabnya dan kemudian lakukan perbaikan. Jika penyebab oli rembes adalah karena seal klep rusak maka cara mengatasinya adalah dengan mengganti seal klep dengan yang baru. Sedangkan jika penyebab oli rembes adalah karena gasket kepala silinder yang rusak maka gantilah gasket kepala silinder dengan yang baru.

11 Responses to "Tips Atasi Oli Rembes Ke Busi"

  1. Apakah rembesnya oli ke ruang pembakaran bisa disebabkan karena pengisian oli yang terlalu banyak ?
    Apakah masuknya oli keruang pembakaran berdampak pada jalannya mesin tersendat sendat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengisian oli yang terlalu banyak dapat meningkatkan tekanan oli, tp utk khasus apakah oli yang berlebihan dapat masuk ke ruang bakar, hal tersebut jarang terjadi.

      Utk apabila oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar dapat menyebabkan mesin tersendat? Hal tersebut tergantung dari banyaknya oli yg ikut terbakar.

      Delete
  2. Gasket kepala silinder sudah diganti tp busi masih terlihat basah om ??? Apakah kemungkinan seal klep harus gnti?? Kalo seal klep udah ganti tp masih basah gmna om ??? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seal klep yang rusak juga memungkinkan oli masuk ke ruang bakar, selain itu bila terjadi keausan di dinding silinder, piston atau ring pistonnya juga dapat memungkinkan oli dari bawah masuk ke ruang bakar. Tapi apabila yang rusak bagian bawah dapat diidentifikasi dengan turunnya tekanan kompresi mesin

      Delete
    2. Untuk bosh kelep yang longgar apakah pengaruh bos

      Delete
  3. Motor saya busi selalu basah kenapa yah jadi gk bisa jalan lari jadi berkurang .. Yamaha force one

    ReplyDelete
  4. Grand livina 08 brebet kadang mesin mati saat jalan trus lampu indikator engine menyala..harus dimatiin dulu baru bisa normal lagi..cek fuel pump normal..Saya coba cek coil kondisi Masi Baik tidak ada bocor tapi busi pertama Masuk oli ..Saya coba bersihin pake Cairan pembersih khusus busi (Saya lupa merknya) trus pasang lagi dgn maksud mau ke Bengkel ganti gasket tapi mobil tidak mau nyala lagi. .kabel Sama slang yg dicabut Sudah di cek semua tapi tidak mau nyala..Mohon masukannya..

    ReplyDelete
  5. Mau tanya om...busi basah trus dan keluar asap oli kebakar..itu sel klep apa ring seher ya om..mohon penjelasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kemungkinan anda masih dalam keadaan mengantuk... 😃😃😃

      Delete
  6. Good evening people! Is an academic platform https://expertpaperwriter.com/editage-review/ for students and writers providing essay writing services across dozens of school, college, and university courses. We cover all topics and subjects, writing unique, 100% original essays from scratch based on your specific paper instructions.

    ReplyDelete