Macam Bola Lampu dan Titik Pengunciannya dalam Mengganti Bola Lampu

Tipe-tipe bola lampu yang digunakan pada sistem penerangan di dalam kendaraan memiliki bentuk yang bervariasi (berbeda-beda).

Tipe bola lampu berdasarkan bentuk base capnya terdiri dari bola lampu tipe single end, bola lampu tipe widge base (socket gepeng), bola lampu tipe ujung ganda.

Bola lampu tipe single end
Bola lampu tipe single end ini hanya memiliki satu base cap yang juga sebagai penghubung ke massa.

Selanjutnya, bola lampu tipe single end dapat diklasifikasikan kembali berdasarkan jumlah fillamentnya yaitu bola lampu tipe single end dengan single filament (satu filament) dan bola lampu tipe single endi dengan double filament (dua filament). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut ini :

Bola lampu tipe single end ini pada bagian base cap terdapat pin yang berfungsi untuk pengunci saat pemasangan bola lampu ke socket.

Untuk melakukan pelepasan saat melakukan penggantian bola lampu tipe single end dapat dilakukan dengan :
  1. Tekan bola lampu ke arah depan (ke depan socket) agar pin base tidak mengunci pada takikan socket.
  2. Putar bola lampu ke arah kiri dan tarik keluar bola lampu dari socket.

Untuk melakukan pemasangan bola lampu pada soket dapat dilakukan dengan cara :
  1. Tempatkan pin pada alur pin yang ada pada socket.
  2. Tekan bola lampu dan kemudian putar bola lampu ke arah kanan.

Pada bola lampu tipe single end dengan double filament, penempatan pinnya tidak segaris (offset) antara pin sebelah kanan dan kiri. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kesalahan posisi pemasangan lampu.

Bola lampu tipe widge base
Bola lampu tipe widge base ini memiliki satu filament dan filamentnya berhubungan langsung dengan socket terminal. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Untuk pelepasan saat mengganti bola lampu tipe widge base ini dapat dilakukan dengan menarik bola lampu dari socket dengan menggunakan jari.

Sedangkan untuk memasang bola lampu tipe widge ini dapat dilakukan dengan mendorong bola lampu ke arah socket dengan menggunakan jari.

Bola lampu tipe ujung ganda
Tipe bola lampu yang memiliki ujung yang ganda ini memiliki jumlah filament satu dan memiliki dua base cap pada sisi kiri dan kanan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :

Untuk pelepasan saat penggantian bola lampu tipe ujung ganda ini dapat dilakukan dengan menarik terlebih dahulu salah satu terminal pada socket kemudian tarik keluar bola lampu dari socket.

Sedangkan untuk memasangnya dapat dilakukan dengan menempatkan salah satu ujung dari base cap lampu kedalam lubang terminal di seocket kemudian tekan ujung lainnya agar lampu duduk pada socketnya.

1 Response to "Macam Bola Lampu dan Titik Pengunciannya dalam Mengganti Bola Lampu"