Perbedaan Thermistor NTC dan PTC


Thermistor merupakan salah satu komponen elektronika dan merupakan salah satu jenis dari resistor dimana nilai tahanan pada thermistor dapat berubah-ubah berdasarkan perubahan temperatur.

Thermistor merupakan singkatan dari Thermal Resistor yaitu resistor atau tahanan yang berkaitan dengan nilai thermal atau panas.

Pada saat ini terdapat dua jenis thermistor yaitu thermistor tipe NTC (Negative Temperature Coefficient) dan thermistor tipe PTC (Positive Temperature Coefficient).

Kedua tipe thermistor tersebut memiliki fungsi yang sama yaitu digunakan sebagai tahanan yang dimana besar kecilnya nilai tahanan tersebut dipengaruhi oleh temperatur, namun kedua tipe tersebut juga memiliki perbedaan.

Perbedaan-perbedaan antara thermistor NTC dan thermistor PTC antara lain adalah :

Thermistor NTC
Thermistor NTC memiliki nilai koefisien negatif dimana apabila temperatur turun maka nilai tahanan thermistor NTC akan meningkat dan sebaliknya, nilai tahanannya akan turun apabila temperatur naik.

Dengan kata lain, thermistor tipe NTC ini akan berbanding terbalik atau negatif antara kenaikan tahanan dengan kenaikan temperaturnya.

Kenaikan dan penurunan tahanan akan mempengaruhi nilai arus yang dapat melewati komponen thermistor tersebut. Apabila tahanannya tinggi maka arus yang mengalir akan semakin kecil atau bahkan arus tidak dapat mengalir sama sekali dan sebaliknya apabila nilai tahanan kecil maka arus yang mengalir dapat lebih besar.

Thermistor PTC
Thermistor PTC memiliki nilai koefisien positif dimana apabila temperatur naik maka nilai tahanan thermistor PTC akan meningkat dan sebaliknya, nilai tahanannya akan turun apabila temperatur turun.

Dengan kata lain, thermistor tipe PTC ini akan berbanding lurus atau positif antara kenaikan tahanan dengan kenaikan temperaturnya.

0 Response to "Perbedaan Thermistor NTC dan PTC"

Post a Comment