Prosedur Penyetelan Platina dan Pemeriksaan Sudut Dwell Pada Kijang 5K

Platina merupakan salah satu komponen sistem pengapian pada kendaraan. Platina terus-terusan bekerja maka akan mengalami keausan lama-kelamaan. Jika terjadi keausan pada platina maka akan menyebabkan celah platina yang berubah. Oleh sebab itu saat melakukan perawatan atau servis perlu dilakukan penyetelan platina. Penyetelan platina bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja dari engine dari segi pengapiannya. Selain itu, untuk mengoptimalkan kinerja engine dari segi pengapiannya bukan hanya dari platinanya saja namun masih banyak faktor misalnya dari pengajuan pengapiannya, condensornya dan lain-lain.

Penyetelan platina akan berhubungan dengan besar kecilnya sudut dwell. Hal ini dikarenakan penyetelan platina berpengaruh terhadap lamanya arus primer yang mengalir. Bila cela platina kecil atau sempit maka arus primer yang mengalir akan lebih lama sehingga sudut dwellnya semakin besar sedangkan celah platina yang terlalu besar maka arus primer yang mengalir akan cepat sehingga sudut dwellnya menjadi kecil.
Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan cara melakukan penyetelan platina dan pemeriksaan sudut dwell pada kendaraan Kijang 5K. Sebelum melakukan penyetelan platina  dan pemeriksaan sudut dwell, maka anda harus mempersiapkan peralatan-peralatan sebagai berikut:
  1. Kunci ring ukuran 19 
  2. Obeng minus (-)
  3. Feeler gauge
  4. Dwell tester
Setelah peralatan siap maka lakukan penyetelan platina dan pemeriksaan sudut dwell sesuai dengan langkah-langkah berikut ini:
  1. Buka tutup distributor
  2. Lepas rotor pada distributor
  3. Putar pulli poros engkol menggunakan kuci ring sampai ebonit pada platina menyentuh ujung nok, sehingga platina membuka paling lebar.
  4. Bersihkan ujung platina dari kemungkinan kotor ataupun terdapat oli karena kotoran dan oli yang berada diujung platina dapat menyebabkan terjadinya kesalahan saat penyetelan platina.
  5. Ambil feeler gauge dan bersihkan permukaan bilah-bilahnya dari kemungkinan kotor dan terkena oli, kemudian cari ketebalan bilah feeler gauge 0,45mm  karena spesifikasi celah platina pada kijang 5k yaitu 0,45mm
  6. Masukkan bilah feeler gauge yang ukurannya 0,45mm kedalam celah platina
  7. Kendorkan sedikit 2 sekrup yang mengikat platina
  8. Setel celah platina menggunakan obeng minus, geser obeng minus kekanan atau kekiri untuk memperbesar atau memperkecil celah platina.
  9. Setelah selesai melakukan penyetelan celah platina, kemudian pasang kembali rotor dan tutup distributor.
  10. Setelah komponen-komponen sudah terpasang kembali, lakukan pemeriksaan sudut dwell nya.
  11. Ambil dwell tester, pasang probe merah ke minus coil dan probe hitam ke ground atau massa engine.
     
  12. Setelah itu hidupkan engine dan baca sudut dwellnya, spesifikasi sudut dwell pada engine kijang 5k adalah 52 derajat kurang lebih 4 derajat. Bila sudut dwell tidak sesuai spesifikasi maka lakukan penyetelan ulang celah platina,
  13. Bila sudut dwell melebihi spesifikasi maka celah platina terlalu sempit, sedangkan jika sudut dwell kurang dari spesifikasi berarti celah platina terlalu besar.

1 Response to "Prosedur Penyetelan Platina dan Pemeriksaan Sudut Dwell Pada Kijang 5K"