Prosedur Tes Kompresi Pada Kijang 5K

Tes kompresi pada kendaraan sangat penting dilakukan. Tes kompresi ini bertujuan untuk melihat tekanan kompresi pada masing-masing silinder di engine. Dengan dilakukan tes kompresi ini, maka nantinya dapat diketahui silinder mana yang bermasalah akibat tekanan kompresi yang kurang. Tekanan kompresi yang kurang dari spesifikasi dapat disebabkan karena blok silinder aus atau ada goresan, piston dan ring piston bermasalah, gasket antara blok silindet dan kepala silinder bermasalah atau katup yang bermasalah. Tekanan kompresi yang kurang akan berakibat kinerja engine yang kurang optimal dan dan engine cenderung susah hidup.

Untuk itu perlu dilakukan pengetesan kompresi untuk mengetahui kondisi engine apakah masih baik atau perlu dilakukan perbaikan.

Kali ini saya akan menjelaskan prosedur pengetesan kompresi pada engine kijang 5k. Untuk peralatan sebelum melakukan pengetesan tekanan kompresi maka perlu disiapkan peralatan sebagai berikut:
  1. Kunci busi
  2. Tool box 1 set
  3. Compression gauge
Setelah peralatan sudah siap maka, lakukan prosedur pengetesan tekanan kompresi seperti langkah-langkah dibawah ini:
  1. Panaskan engine kurang lebih 5 menit.
  2. Buka semua busi menggunakan kunci busi.
  3. Lepaskan kabel tegangan tinggi coil dari ignition coil atau massa kan kabel tegangan tinggi coil ke massa engine.
  4. Pasang alat tes kompresi ke lubang busi.
  5. Buka katup throttle atau katup gas secara penuh.
  6. Starter engine kurang lebih 15 detik.
  7. Baca pengukuran pada alat tes kompresi. Pengukuran dilakukan dalam waktu sesingkat-singkatnya jangan terlalu lama karena ignition coil  dapat panas.
  8. Lakukan tes kompresi ke semua lubang busi di tiap-tiap silinder. Spesifikasi tekanan kompresi untuk kijang 5k limit 9,5 kg/cm2 sampai 12,6 kg/cm2 . Untuk perbedaan tekanan untuk tiap-tiap silinder tidak boleh melebihi 1,0 kg/cm
  9. Jika tekanan kurang dari tekanan spesifikasi maka periksa penyebab terjadinya kebocoran tekanan kompresi.
  10. Setelah selesai melakukan tes kompresi, bersihkan tempat kerja dan peralatan yang digunakan.

2 Responses to "Prosedur Tes Kompresi Pada Kijang 5K"