Job Sheet Merangkai Lampu Kepala Pengendali Negatif Tanpa Relay dan Lampu Kota Pengendali Positif Tanpa Relay

Job sheet merupakan hal yang penting digunakan saat pembelajaran praktik. Tanpa adanya job sheet maka peserta didik dapat kebingungan saat menjalankan praktik sehingga bahan ajar job sheet ini harus ada dan harus disiapkan oleh pendidik sebelum pembelajaran praktik dimulai.

Pada mata pelajaran kelistrikan kendaraan kelas XI TKR semester 1 meteri pembelajaran mencakup tentang kelistrikan body yang ada pada kendaraan ringan (mobil).

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh job sheet kelistrikan kendaraan ringan tentang merangkai rangkaian lampu kepala pengendali negatif tanpa relay dan merangkai lampu kota pengendali positif tanpa relay.
A. TUJUAN
  1. Siswa mampu merangkai lampu kepala pengendali negatif tanpa relay.
  2. Siswa mampu merangkai lampu kota pengendali positif tanpa relay.
  3. Siswa mampu mengetahui cara kerja keseluruhan sistem kelistrikan lampu kepala dan lampu kota

B. ALAT DAN BAHAN
Alat
  1. Tool box kelistrikan.
  2. Kabel.
  3. Test lamp.
  4. Multimeter.

Bahan
  1. Baterai.
  2. Kabel.
  3. Stand kelistrikan lampu kepala dan lampu kota.

C. KESELAMATAN KERJA
  1. Gunakan peralatan-peralatan praktik sesuai dengan fungsinya.
  2. Hindari hubungan pendek/ konsleting listrik.
  3. Bekerjalah dengan berhati-hati.

D. DASAR TEORI
Lampu kepala atau head lamp pada kendaraan berfungsi untuk menerangi pengendara saat menjalankan kendaraan pada saat kondisi gelap baik pada malam hari maupun siang hari. Lampu kepala terletak pada bagian depan kendaraan.

Terdapat dua tipe lampu kepala yaitu tipe sealed beam dan tipe semi sealed beam. Tipe sealed beam merupakan lampu kepala yang bohlam lampunya menjadi satu dengan reflektor dan kaca bias sehingga bila filament lampu tersebut putus harus diganti satu set dengan reflektor dan kaca biasnya.

Sedangkan lampu kepala tipe semi sealed beam merupakan tipe lampu kepala yang bohlam lampunya dapat dilepas (tidak menjadi satu dengan reflektor dan kaca biasnya) sehingga bila bohlam lampu putus dapat diganti hanya bohlam lampunya saja tanpa harus mengganti reflektor dan kaca biasnya.

Lampu kepala tipe semi sealed beam, bohlam lampu yang digunakan terdapat dua tipe yaitu bohlam lampu biasa dan bohlam lampu halogen.

Lampu kota yang terdapat pada kendaraan terletak pada bagian depan dan belakang. Lampu kota pada bagian belakang (tail lamp) berfungsi untuk memberitahukan pengendara lain tentang lebar kendaraan. Lampu kota pada bagian depan (clearance light) berfungsi untuk menerangi jalan saat kondisi jalan berkabut (ketika lampu kepala tidak dinyalakan) dan untuk memberitahukan pengendara lain jika ada kendaraan pada lawan sebaliknnya didepan.

Rangkaian pengendali negatif yaitu saklar diletakkan pada jalur negatif yang berfungsi untuk memutuskan arus negatif yang mengalir ke beban lampu. Sedangkan rangkaian pengendali positif yaitu saklar diletakkan dijalur positif yang berfungsi untuk memutuskan arus positif yang mengalir ke beban lampu.

E. LANGKAH KERJA
  1. Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
  2. Periksa tegangan baterai, saklar kombinasi, kondisi lampu kepala dan kondisi lampu kota.
  3. Indikasikan terminal-terminal pada saklar kombinasi, lampu kepala dan lampu kota.
  4. Rangkailah kelistrikan lampu kepala pengendali negatif tanpa relay dan lampu kota pengendali positif tanpa relay dengan benar seperti pada gmbar di bawah ini :
  5. Setelah selasai merangkai, periksalah rangkaian tersebut menyalakan lampu kepala dan lampu kota.
  6. Setelah selasai praktik, kembalikan alat dan bahan yang telah digunakan.

F. TUGAS
  1. Jelaskan kelebihan rangkaian dengan  menggunakan pengendali negatif dibandingkan dengan pengendali positif?

0 Response to "Job Sheet Merangkai Lampu Kepala Pengendali Negatif Tanpa Relay dan Lampu Kota Pengendali Positif Tanpa Relay"

Post a Comment