Komponen Casis (Chassis) dan Fungsinya

Cassis merupakan bagian dari kendaraan yang secara garis besar memiliki fungsi sebagai pengaman kendaraan, menambah kenyamanan pengemudi dan untuk mengarahkan jalannya kendaraan.

Cassis terdiri dari beberapa komponen, komponen-komponen cassis antara lain sistem rem, sistem suspensi, sistem kemudi, rodan dan ban.

Baca juga : komponen-komponen sistem pemindah tenaga

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :
Komponen cassis yang pertama adalah sistem rem. Sistem rem pada kendaraan memiliki beberapa fungsi antara lain untuk mengurangi laju kendaraan, untuk menghentikan laju kendaraan dan untuk memungkinkan kendaraan untuk dapat berhenti (parkir) pada tempat yang tidak rata (pada jalan menanjak atau pada jalan turunan).

Sistem rem dibedakan menjadi dua berdasarkan media pengeremannya yaitu cakram dan tromol.

Sedangkan berdasarkan penyaluran tenaga pengeremannya dibedakan menjadi tiga yaitu rem hidrolik, rem mekanik dan rem pneumatic.

Komponen cassis yang kedua adalah sistem suspensi. Sistem suspensi pada kendaraan memiliki beberapa fungsi yaitu untuk menyerap kejutan dari permukaan jalan yang tidak rata agar tidak diteruskan ke ruang kabin (ruang pengemudi) sehingga pengemudi akan merasa nyaman.

Sistem suspensi terdiri dari beberapa komponen, antara lain :
  • Pegas yang berfungsi sebagai media penghubung frame dengan axle dan juga berfungsi untuk menyerap guncangan yang ditimbulkan oleh permukaan jalan yang kurang rata. Pegas terdiri dari beberapa tipe yaitu pegas coil, pegas daun dan pegas batang torsi.
  • Shock absorber berfungsi untuk menyerap terjadinya kejutan (meredam kejutan) atau mencegah terjadinya oskilasi pada kendaraan.
  • Stabilizer bar berfungsi untuk mecegah agar kendaraan tidak melayang ketika membelok atau untuk mengurangi kemiringan kendaraan akibat dari gaya sentrifugal saat kendaraan membelok.
  • Strut bar berfungsi untuk menopang lower arm agar tidak bergerak maju atau mundur pada saat kendaraan tersebut berjalan.

Komponen cassis yang ketiga adalah sistem kemudi. Sistem kemudi pada kendaraan berfungsi sebagai pengarah atau pengatur arah jalannya kendaraan sesuai dengan keinginan pengendara.

Roda dan ban
Komponen cassis yang keempat adalah roda dan ban. Roda merupakan komponen pada kendaraan yang terdiri dari pelek dan ban.

Pelek roda merupakan bagian tempat dudukan ban dan sebagai komponen yang terhubung dengan putaran poros axle atau steering knuckle.

Pelek dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan bahan pembuatnya yaitu pelek dari paduan logam dan pelek dari alumunium alloy.

Ban diisi dengan udara bertekanan yang berfungsi untuk menyerap kejutan yang diterima dari kondisi jalan yang kurang rata karena ban inilah satu-satunya komponen pada kendaraan yang langsung bergesekkan dengan permukaan jalan.

Ban dibedakan menjadi dua tipe yaitu ban radial dan ban tubeless. Ban radial yaitu ban yang memerlukan ban sedangkan ban tubeless yaitu ban yang tanpa menggunakan ban dalam.

Pada roda terdapat penyetelan geometri roda (wheel aligment) yang berguna untuk membuat kendaraan tetap stabil jalan berjalan, mengurangi keausan pada roda, mencegah kemudi menarik ke satu arah dan lain-lain.

3 Responses to "Komponen Casis (Chassis) dan Fungsinya"