Cara Menggunakan Kunci Momen

Kunci Momen atau torque wrench memiliki fungsi untuk mengencangkan baut atau mur dengan tingkat kekencangan tertentu.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari pengencangan baut atau mur yang masih terlalu kendor atau tingkat kekencangan baut-baut atau mur-mur yang tidak rata.

Kunci momen ini digunakan sebagai langkah paling terakhir untuk mengencangkan baut atau mur setelah pengencangan dengan menggunakan kunci shock atau ring atau pas.

Pada salah satu ujung kunci momen dapat dipasangkan dengan shocket. Ukuran dari shocket ini disesuaikan dengan ukuran dari kepala baut atau mur yang akan dikencangkan.

Pada bagian ujung yang lainnya digunakan untuk melakukan pengaturan tingkat kekencangan atau momen (pada bagian yang dekat dengan handle kunci momen).

Tingkat kekencangan baut-baut atau mur-mur pada kendaraan berbeda-beda hal ini tergantung dari ukuran dan bahan baut atau mur, untuk itu selalu gunakan buku manual kendaraan untuk melihat momen spesifikasi setiap baut dan mur tersebut.

Apabila penyetelan kekencangan kunci momen terlalu besar dari spesifikasi baut atau mur maka dapat menyebabkan baut patah, dan apabila penyetelan kekncangan terlalu kecil dari spesifikasi maka dapat menyebabkan ikatan tidak terlalu kuat sehingga ikatan baut atau mur akan cenderung dapat lepas.

Tipe-tipe kunci momen
Terdapat beberapa tipe dari kunci momen saat ini, pada umumnya terdapat 3 jenis kunci momen yang beredar di Indonesia diantaranya adalah tipe deflecting beam, tipe klik, tipe dial indikator.
a. Tipe deflecting beam

Kunci momen tipe deflecting beam ini memiliki ukuran momen kekencangan ditunjukkan oleh sebuah jarum penunjuk. Jarum penunjuk akan bergerak dan menunjukkan pada skala tertentu sesuai dengan besar momen pengencangan yang dilakukan.

b. Tipe klik

Kunci momen tipe klik ini memiliki momen pengencangan yang dapat diatur dengan cara menarik tangkai kunci momen kemudian momen pengencangan diatur dengan memutar tangkai sesuai dengan momen yang diinginkan.

c. Tipe dial indikator

Kunci momen tipe dial indikator untuk ukuran momen pengencangan ditunjukkan oleh dial indikator.

Jarum indikator akan bergerak dan menunjukkan pada skala tertentu seiring dengan besarnya momen pengencangan yang dilakukan.

Cara menggunakan kunci momen
  1. Lakukan pengencangan baut atau mur dengan menggunakan kunci shock atau ring atau pas terlebih dahulu.
  2. Sebelum kunci momen digunakan, lakukan penyetelan tingkat kekencangan sesuai dengan spesifikasi baut atau mur yang akan dikencangkan.
  3. Pasang kepala shock yang sesuai ukurannya dengan ukuran kepala baut atau mur yang akan dikencangkan.
  4. Saat mengencangkan baut atau mur dengan kunci momen, untuk mencegah agar kepala shocket pada kunci momen tidak meleset maka tahanlah bagian ujung kepala shocket dengan tangan kiri sambil menarik handle kearah pengencangan atau searah jarum jam.
  5. Lakukan penarikan handle kunci momen sampai terdengar bunyi “klik” atau setelah mencapai tingkat pengencangannya.
  6. Lakukan pengencangan terhadap setiap baut-baut dan mur-mur secara bertahap untuk menghindari kerusakan pada bahan yang akan diikat.

0 Response to "Cara Menggunakan Kunci Momen"

Post a comment