Fungsi Ruang Bakar dan Model-Modelnya

Pernahkah anda mendengar istilah ruang bakar atau combustion chamber? Ruang bakar atau combustion chamber merupakan tempat berlangsungnya pembakaran campuran bahan bakar dan udara didalam silinder. Ruang bakar sendiri tempatnya terletak di kepala silinder. Didalam ruang bakar berhubung langsung dengan katup masuk dan katup buang. Selain itu, busi juga dipasang di kepala silinder sehingga busi juga terhubung langsung diruang bakar.

Bentuk dari ruang bakar untuk semua kendaraan belum tentu sama, hal ini dipengaruhi oleh komponen-komponen yang terhubung langsung diruang bakar. Selain itu, ruang akar juga didesain agar pembakaran yang terjadi dapat optimal.

Bentuk-bentuk ruang bakar pada motor bensin umumnya terdapat 4 macam yaitu ruang bakar model setengah bulat, ruang bakar model baji, ruang bakar model bak mandi dan ruang bakar model pent roof.

Ruang Bakar Model Setengah Bulat atau Hemispherical Combustion Chamber
Ruang bakar model sengah bulat ini dibandingkan model-model ruang bakar model lainnya dengan kapasitas yang sama untuk permukaan ruang bakar model setengah bulat ini lebih kecil. Permukaan yang lebih kecil ini memiliki keunggulan yaitu efisiensi panas akan lebih optimal karena kehilangan panasnya kecil dan untuk kontruksi untuk ruang bakar ini lebih baik. Namun ruang bakar model ini juga memiliki kelemahan, kelemahan dari ruang bakar setengah bulat ini adalah untuk penempatan mekanisme katupnya akan lebih rumit dibanding dengan model lainnya. Untuk konstruksi ruang bakar model setengah bulat dapat anda perhatikan pada gambar dibawah ini:

Ruang Bakar Model Baji atau Wedge Type Combustion Chamber
Ruang bakar model baji ini memiliki konstruksi yang sederhana sehingga penempatan katupnya akan lebih mudah. Selain itu, kelebihan ruang bakar model baji ini adalah untuk efisiensi panasnya juga optimal karena panas yang hilangnya juga kecil. Untuk model ini sangat popular digunakan. Untuk konstruksi ruang bakar model baji ini dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:

Ruang Bakar Model Bak Mandi atau Bath Up Type Combustion Chamber
Ruang bakar model bak mandi ini memiliki konstruksi yang mirip dengan bak mandi. Konstruksi untuk ruang bakar model ini cukup sederhana. Katup yang digunakan pada ruang bakar model ini memiliki diameter kepala katup yang kecil sehingga hal ini yang membuat konstruksinya lebih mudah. Untuk kelebihan yang lainnya dari ruang bakar model ini, dikarenakan ruang bakar model ini berbentuk bak mandi maka nantinya diharapkan saat proses penghisapan gas campuran bakan bakar dan udara, setelah masuh keruang bakar dapat membentuk pusaran gas sehingga proses pembakaran dapat maksimal. Untuk kelemahan ruang bakar model bak mandi ini adalah pada langkah penghisapan dan langkah pembuangan kurang baik dibandingkan model lainnya dikarenakan kontruksi kepala katup yang memiliki diameter yang kecil. Untuk kontruksi ruang bakar model bak mandi ini dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:

Ruang Bakar Model Pent Roof
Ruang bakar model pent roof ini memiliki bentuk segi empat. Model ini umumnya digunakan untuk mesin yang memiliki jumlah katup lebih dari dua pada setiap silindernya. Ruang bakar model ini disebut pent roof dikarenakan bentuknya hampir mirip dengan atap rumah. Penempatan busi pada model ini diletakkan pada posisi tengah pada ruang bakar. Kelebihan ruang bakar model ini adalah proses pembakaran akan lebih cepat dan penghisapan campuran bakan bakarnya akan lebih banyak. Selain itu langkah buang untuk pembuangan gas pembakarannya akan lebih baik dibandingkan model lainnya. Untuk konstruksi ruang bakar model pent roof ini dapat anda lihat pada gambar dibawah ini:

0 Response to "Fungsi Ruang Bakar dan Model-Modelnya"

Post a Comment