Sistem Cuk Manual Pada Karburator

Pada mobil yang masih menggunakan sistem bahan bakar konvensional atau masih menggunakan karburator, didalam karburator dilengkapi dengan berbagai sistem untuk menunjang kinerjanya. Sistem yang ada didalam karburator salah satunya adalah sistem cuk.
Pada saat mesin masih dalam keadaan dingin, bahan bakar tidak akan mengkabut dengan baik dan sebagian campuran antara udara dan bahan bakar yang mengalir akan berpotensi untuk mengembun pada dinding di intake manifold karena intake manifold masih dalam keadaan dingin. Pada keadaan tersebut maka akan mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar menjadi miskin atau kurus sehingga mesin susah untuk dihidupkan. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka suplai bahan bakar harus ditambah. Maka dipasanglah sistem cuk untuk membuat campuran udara dan bahan bakar menjadi gemuk atau kaya dengan perbandingan sekitar 1:1 ketika keadaan mesin masih dalam kondisi dingin.

Cara kerja sistem cuk ini adalah dengan cara menutup aliran udara yang masuk ke intake manifold dengan menggunakan katup throttle cuk.

Untuk sistem cuk manual untuk membuka dan menutup katup throttle cuk digunakan linkage atau sambungan kawat yang dihubungkan ke ruang kemudi. Apabila pengemudi ingin mengaktifkan sistem cuk maka cukup menarik tombol cuk yang ada pada dashboard sehingga katup cuk akan menutup. Sedangkan jika ingin meng offkan sistem cuk maka pengemudi cukup menekan tombol cuk sehingga katup cuk menutup.

Gambar. Sistem cuk manual


... Semoga Bermanfaat ...

0 Response to "Sistem Cuk Manual Pada Karburator"

Post a Comment