Komponen-Komponen Sistem Pendinginan Air

Sistem pendinginan sangatlah penting sahabat bagi kendaraan kita, bayangkan saja jika kendaraan tidak dilengkapi dengan sistem pendinginan apa yang akan terjadi, tentu saja keadaan mesin akan sangat panas (over heating), komponen-komponen yang terbuat dari logam akan cepat memuai yang akibatnya mungkin akan terjadi kebengkokan di kepala silinder atau blok, dan yang pasti tenaga mesin akan berkurang (tidak optimal). Tentu saja hal tersebut tidak pernah sahabat inginkan bukan?

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang komponen-komponen sistem pendingin air, disini apakah sahabat sudah tahu apa saja komponen-komponen sistem pendingin air? jika belum mari kita bahas bersama apa saja komponen-komponen sistem pendinginan air.

Konstruksi dari sistem pendinginan air dapat kita lihat seperti gambar dibawah ini:
Dari konstruksi gambar diatas, sahabat pasti sudah ada yang tahu beberapa nama komponen-komponen tersebut, kemudian apa sih fungsi dari komponen-komponen tersebut?

Kantong air atau Water jacket
Kantong air  atau lebih dikenal dengan water jacket adalah komponen didalam sistem pendingin yang berfungsi untuk tempat peredaran atau pengaliran air pendingin di dalam mesin, air pendingin ini akan dialirkan ke bagian-bagian mesin yang memerlukan pendinginan untuk mencegah terjadinya over heating.
Gambar. Kantong Air

Selang-selang air
Selang-selang air merupakan bagian komponen sistem pendinginan yang berfungsi untuk mengalirkan air pendingin dari radiator ke mesin (selang bagian bawah) atau dari mesin menuju radiator (selang bagian atas)
Gambar. Slang-slang Air

Radiator
Radiator merupakan salah satu komponen dari sistem pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan air yang sebelumnya telah membawa panas dari mesin dengan cara meradiasikan panas tersebut dengan bantuan udara.
Gambar. Radiator

Reservoir tank atau Tangki cadangan
Tangki cadangan atau lebih dikenal dengan nama reservoir tank merupakan salah satu komponen dari sistem pendingin yang berfungsi untuk tempat cadangan dari air pendingin dan untuk menyeimbangkan perbedaan volume air pendingin ketika terjadi panas.
Gambar. Reservoir Tank

Tutup radiator
Tutup radiator berfungsi untuk menaikkan dan menstabilkan tekanan air pendingin dalam sistem pendinginan atau dengan kata lain fungsinya untuk mengatur tekanan air pendingin.
Gambar. Tutup Radiator

Kipas pendingin atau Fan
Kipas pendingin atau fan berfungsi mengalirkan atau menghembuskan udara ke radiator untuk mendinginkan air radiator
Gambar. Kipas

Pompa air atau water pump
Pompa air atau water pump berfungsi untuk memompa air pendingin agar air pendingin tersebut dapat bersirkulasi mesin atau bagian yang akan didinginkan oleh sistem pendingin.
Gambar. Pompa air

Thermostat
Thermostat merupakan salah satu komponen sistem pendingin yang berfungsi:
  1. Untuk mempercepat mesin mencapai temperatur kerja sehingga pada saat motor masih dingin akan cepat mencapai temperatur kerjanya.
  2. Untuk mengatur sirkulasi dari air pendingin.
Gambar. Thermostat

Semoga bermanfaat....

0 Response to "Komponen-Komponen Sistem Pendinginan Air"

Post a Comment