Obeng (Screw Driver)

Obeng atau screw driver merupakan salah satu dari peralatan yang sering digunakan dalam perbaikan kendaraan.  satu set obeng memiliki ukuran dan bentuk kepala yang berbeda-beda. Obeng terdiri dari bagian batang yang umumnya terbuat dari bahan baja keras berkualitas tinggi dengan satu mata pada satu ujungnya dan memiliki pemegang atau gagang yang terbuat dari plastik atau kayu yang dicetak pada batang obeng. Obeng digunakan untuk melepas atau mengencangkan sekrup dari komponen-komponen kendaraan bermotor, contohnya seperti pada lampu kepala kendaraan, sekrup pemegang platina dan sekrup-sekrup pada bagian-bagian kendaraan lainnya yang memiliki tingkat kekencangan yang rendah. Selain untuk melepas dan mengencangkan, fungsi obeng lainnya adalah obeng juga dapat digunakan untuk mencongkel seperti pada pemasangan pengahapus kaca. Obeng bila ditinjau dari bentuk mata pada dasarnya dibedakan menjadi dua yaitu obeng pipih atau obeng minus dan obeng kembang atau obeng plus. Namun sekarang obeng sudah berkembang bentuk mata diujungnya, yaitu ada yang berbentuk bintang, segitiga, hexagonal dll.
Terdapat tiga jenis obeng yang sering digunakan yaitu obeng biasa, obeng offset dan obeng ketok (impact screw driver).

Obeng Biasa
Obeng biasa komponennya terdiri dari tangkai dan bilah obeng. Obeng biasa digunakan untuk melepas atau mengencangkan sekrup atau baut sesuai ukurannya.

Obeng Offset
Obeng offset mempunyai bilah yang sekaligus sebagai tangkainya dan mata pada kedua ujungnya berbentuk plus atau minus. Obeng offset digunakan untuk mengencangkan sekrup-sekrup dengan kepala beralur atau sekrup yang letaknya tidak dapat dijangkau dengan menggunakan obeng biasa.
Macam-macam ujung dari obeng:
Obeng Ketok (Impact Screw Driver)
Obeng ketok digunakan untuk melepas atau memasang sekrup dengan kepala yang beralur atau sekrup yang momen pengencangannya relatif lebih tinggi (keras). Obeng ketok ini terdiri dari tangkai dan bilah yang dapat dilepas dan diganti.

Bila akan menggunakan obeng ketok, pilihlah bilah obeng ketok yang sesuai dengan ukuran dan bentuk sekrup atau bautnya yang akan dilepas atau dikencangkan.
Cara penggunaannya: 
Cara menggunakan obeng ketok saat mengendorkan sekrup (berlawanan arah jarum jam), tepatkan ujung obeng pada kepala sekrup yang akan dikendorkan, tekan tangkai dan putar sesuai arah yang dituju (bila akan mengendorkan berarti putar berlawanan arah dengan jarum jam), setelah itu pegang kuat tangkai dengan posisi tegak lurus terhadap sekrup dan kemudian pukul ujung bodi obeng dengan menggunakan palu sambil tangkai obeng ketok diputar sehingga blade memutar obeng ke arah berlawanan jarum jam. Setelah sekrup kendor maka dapat dilepas menggunakan obeng biasa.

Sedangkan untuk mengencangkan sekrup, lakukan hal yang sama dengan arah berlawanan dengan arah pengendoran (searah putaran jarum jam). Posisi antara bilah obeng dengan sekrup diupayakan harus tegak lurus. 

0 Response to "Obeng (Screw Driver)"

Post a Comment