Pola dan timing injeksi

Cara penginjeksian bahan bakar pada mesin injeksi EFI memiliki beberapa jenis yang biasa digunakan pada kendaraan. Beberapa engine EFI menggunakan pola injeksi yang belum tentu sama atau dengan kata lain bentuk pola penginjeksian berbeda-beda. Selain dari pola penginjeksian, timing penginjeksian pun tidak selalu sama tergantung dari pengotrolan pada ECUnya. Beberapa pola penginjeksian pada engine EFI dapat diklasifikasikan menjadi beberapa model, yaitu pola serentak atau simultan, pola berpasangan atau grup dan pola independent atau individual

1. Pola serentak atau simultan
Pada pola injeksi tipe serentak atau simultan ini, penginjeksian bahan bakar ke dalam ruang bakar dilakukan secara serentak (bersama-sama) dan terus-menerus oleh injektor pada semua silindernya. Penginjeksian pada pola serentak ini dilakukan sebanyak dua kali dalam setiap siklus kerja enginenya.

Berikut ini adalah gambaran penginjeksian bahan bakar dengan menggunakan pola serentak :
Gambar. Pola penginjeksian serentak atau simultan

2. Pola grup atau berpasangan
Pada pola injeksi tipe grup atau berpasangan ini, penginjeksian bahan bakar ke dalam ruang bakar yang dilakukan oleh injektor dilakukan dengan cara berpasangan atau group dan bergantian dengan pasangan silinder yang lain. Pola penginjeksian bahan bakar dengan pola grup ada beberapa tipe yang digunakan pada mesin injeksi, antara lain pola penginjeksian 2 grup, pola penginjeksian 3 grup dan pola penginjeksian 4 grup.

Penginjeksian bahan bakar dengan pola penginjeksian 2 grup dilakukan dua kali setiap satu kali siklus kerjanya. Berikut ini contoh penggunaan pola injeksi 2 grup pada engine yang memiliki 6 silinder :
Gambar. Diagram penginjeksian bahan bakar dengan 2 grup

Penginjeksian bahan bakar dengan pola penginjeksian 3 grup dilakukan tiga kali setiap satu kali siklus kerjanya. Berikut ini contoh penggunaan pola injeksi 3 grup pada engine yang memiliki 6 silinder :
Gambar. Diagram penginjeksian bahan bakar dengan 3 grup

Penginjeksian bahan bakar dengan pola penginjeksian 4 grup dilakukan empat kali setiap satu kali siklus kerjanya. Berikut ini contoh penggunaan pola injeksi 4 grup pada engine yang memiliki 8 silinder :
Gambar. Diagram penginjeksian bahan bakar dengan 4 grup

3. Pola independent atau individual
Pada pola injeksi tipe independent atau inividual ini, Penginjeksian bahan bakar ke dalam ruang bakar dilakukan secara individual (sendiri-sendiri) pada masing-masing injektor sesuai dengan perintah dari ECU. Penginjeksian bahan bakar dilakukan pada saat akhir langkah buang sampai dengan awal langkah hisap sesuai kontrol durasi penginjeksian yang ditentukan oleh ECU. Berikut ini adalah diagram penginjeksian dengan pola individual atau independent :
Gambar. Pola penginjeksian independent atau individual



0 Response to "Pola dan timing injeksi"

Post a Comment