Sensor Temperatur Udara (Intake Air Temperature Sensor)

Sensor yang ada pada sistem injeksi EFI salah satunya adalah Intake air temperatur sensor (IATS). Sensor IATS ini berfungsi untuk mengukur suhu atau temperatur udara yang masuk ke dalam intake manifold. Sinyal dari sensot IATS ini nantinya akan digunakan oleh ECU sebagai salah satu inputan untuk mengatur banyaknya jumlah penyemprotan atau penginjeksian bahan bakar yang dilakukan oleh injektor. Sensor IATS pada mesin injeksi tipe L-EFI menyatu dengan Air flow sensor Sensor dan sensor ini berada disaluran antara filter udara dengan throttle body. Sedangkan pada mesin injeksi tipe D-EFI, sensor IATS ini berada di belakang air filter. Lokasi sensor IATS ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Gambar. Sensor IATS pada mesin injeksi tipe D-EFI (a) Penempatan, (b) konstruksi

Pada sensor IATS ini menggunakan komponen elektronika yaitu komponen thermistor sebagai pendeteksi temperatur atau suhu udara. Besar kecilnya tahanan pada komponen thermistor ini berubah-ubah sesuai dengan tingginya temperatur udara yang masuk. Hubungan antara temperatur dan tahanan (resistensi) pada sensor IATS ini adalah berbanding terbalik karena thermistor yang digunakan pada sensor IATS ini adalah hermistor tipe NTC (Negative Temperature Coefisien). Semakin tinggi temperatur atau suhu udara yang masuk ke dalam intake manifold maka tahanan pada thermistornya akan semakin rendah pula, dan sebaliknya jika temperatur atau suhu udara yang masuk ke dalam intake manifold semakin rendah maka tahanan pada thermistornya akan semakin tinggi.

Gambar dibawah ini diperlihatkan rangkaian kelistrikan dari sensor IATS :
Gambar. Rangkaian Kelistrikan Sensor IATS


ECU memberikan sinyal tegangan sebesar 5 voltage ke sensor IATS ini melalui internal resistor. Nilai tegangan tersebut nantinya akan berubah sesuai dengan kondisi temperatur atau suhu udara yang masuk ke dalam intake manifold. Fluktuasi tegangan yang ditimbulkan oleh sensor IATS akan dideteksi oleh ECU sebagai perubahan temperatur udara yang masuk ke dalam intake manifold dan selanjutnya sinyal ini akan menjadi sinyal input ECU.

0 Response to "Sensor Temperatur Udara (Intake Air Temperature Sensor)"

Post a Comment